NTT Bakal Gandeng Aktor Tampan Hollywood Ini Buat Jadi Duta Wisata, Turis Miskin Dilarang Datang ke Labuan Bajo, Ini Alasannya

Sabtu, 16 November 2019 | 14:25
Warner Bros. Pictures

Leonardo DiCaprio

Sosok.id - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat kembali memberikan pernyataan yang mengejutkan bagi publik.

Sosok kontroversial ini tengah merancang kebijakan baru terkait peraturan bagi pengunjung objek wisata Labuan Bajo.

Yakni larangan bagi wisatawan, baik lokal maupun asing, untuk mengunjungi Labuan Bajo apabila tidak memiliki uang alias miskin.

Adapun peraturan tersebut dibuat bukannya tanpa alasan.

Baca Juga: Ngaku Tak Mau Lagi Lihat Turis Tak Berduit di Tanahnya, Gubernur NTT Larang Wisatawan Miskin ke Labuan Bajo, Ternyata Ini Alasannya!

Sebab, menurut situs perjalanan Lonely Planet, Labuan Bajo disebut sebagai destinasi wisata terbaik tahun 2020.

Oleh karena itu, pemerintah tengah merencanakan untuk menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata kelas premium.

Jadi, bagi wisatawan yang tak memiliki uang yang banyak tak boleh datang atau berkunjung ke NTT.

"Karena itu, wisatawan yang datang itu harus kaya. Kalau yang miskin tidak boleh datang," tegas Viktor saat memberikan sambutan dalam Festival Menipo di Lippo Plaza Kota Kupang, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (14/11/2019) siang.

Baca Juga: Diam-diam Artis Laga Hollywood Ini Datang ke Indonesia untuk Adopsi Anak, Baru Ketahuan Setelah 22 Tahun Berlalu!

Dengan demikian, Viktor berharap bahwa NTT yang memiliki beragam keindahan dan budaya dapat dipenuhi dengan turis dari berbagai negara.

Viktor juga telah meminta presiden agar hanya turis berduit saja yang bisa datang ke NTT.

Viktor menambahkan, ia tak mau melihat turis miskin berkeliaran di daerahnya.

"Saya sampaikan ke presiden, kalau wisatawan yang miskin, kami di NTT paling banyak begitu (miskin). Jadi kalau wisatawan miskin yang datang, kami sudah tidak mau lihat lagi.

Baca Juga: Con Queen of Hollywood, Si Pembuat Heboh Peluang Jadi Artis di Indonesia, Banyak Orang AS Tertipu

Wisatawan yang miskin tolong dikirim ke Jakarta, Bali atau Manado. Kalau wisatawan asing yang kaya kirim saja ke NTT saja," lanjutnya seperti yang dikutip Sosok.ID dari Kompas.com.

Viktor juga menambahkan nantinya objek wisata di NTT akan menjadi kelas premium atau yang biasa disebut dengan delux tourism.

Dengan demikian, sudah dapat dipastikan bahwa sasarannya adalah kalangan menengah ke atas.

Gandeng aktor Hollywood

Baca Juga: Kisah Putri Diana, Gara-gara Rebutan Mendiang, Dua Artis Hollywood Ini Pernah Berantem, Saksinya Seorang Penyanyi Legendaris

Terkait dengan rencana tersebut, pemerintah NTT tidak main-main untuk mepromosikannya.

Demi menggaet wisatawan asing dari berbagai negara dan juga dari kalangan atas, pemerintah berencana menggandeng publik figur atau influencer kelas dunia.

Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF) saat ini memang belum menentukan siapa yang akan menjadi duta wisata bagi destinasi Bali baru ini.

Namun, Kepala BPOLBF menyebutkan salah satu nama aktor Hollywood tampan yang memerankan karakter Jack dalam film Titanic.

Baca Juga: Berduet Dengan Pasha, Kapolri Bikin Penonton Terkejut Hingga Vokalis 'Ungu' Sempat Terdiam Menikmati Suara Emas Idham Aziz, Begini Videonya!

Ya, ialah Leonardo DiCaprio.

"Belum ada sih. Ada saran? Ya mungkin model-model (seperti) Leonardo Dicaprio atau Denzel Washington. Kita lihat saja," kata Shana Fatina Sukarsono di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (15/11/2019).

Lebih lanjut Shana mengungkapkan bahwa sosok yang menjadi duta pariwisata premium di Labuan Bajo nantinya haruslah seseorang yang peduli dengan lingkungan.

Sebab Labuan Bajo merupakan tempat yang unik karena terbentuk dari perpaduan antara konservasi, alam, dan keindahan yang dijuluki UNESCO World Heritage.

Baca Juga: Sering Dengar Kawan Seprofesi Jadi Korban Tindak Kriminal, Wanita Driver Taksi Online Ini Pasang Benda Asing Dalam Mobil Hingga Viral, Valery: Yang Penting Saya Aman!

"Karena ingin menarik lebih konsep konservasinya. Labuan Bajo punya (dijuluki) UNESCO World Heritage, yang selama ini (julukan itu) belum benar-benar kita manfaatkan. Status itu sangat istimewa di dunia untuk bagian dari marketing," jelasnya.

Karena itulah, sosok yang dipilih menjadi duta pariwisata nantinya harus seorang publik figur yang juga menjadi aktifis lingkungan.

"Yang jelas kami akan coba mencari sosok yang aktifis lingkungan pastinya. Kemudian dia bisa memahami bahwa keberagaman biodiversitas adalah sebuah warisan yang kita bisa jaga, dan pariwisata itu adalah sebuah cara untuk memanfaatkannya," jelasnya.

"Nanti publik figur memperkenalkan bukan hanya bagus di foto atau sunset-nya. Tapi lebih banyak cerita-cerita tentang biodiversity. Nah itu kami ingin ekspos lagi," pungkasnya.

Baca Juga: Dimanja Hidup Mewah Hingga Tak Punya Banyak Aktivitas, Istri Konglomerat Ini Sampai Sengaja Jalan Kaki Beli Es Krim Supaya Terlihat Ada Kegiatan

Leonardo DiCaprio dan lingkungan

Sosok Leonardo DiCaprio sendiri memang diketahui aktif dalam mengikuti kegiatan peduli lingkungan.

Hal tersebut juga terlihat jelas di akun Instagram pribadinya @leonardoodicaprio yang lebih sering mengunggah foto-foto terkait isu-isu lingkungan daripada potret dirinya.

Bahkan dalam satu unggahannya, aktor yang memenangkan Academy Awards tahun 2016 itu nampak membagikan potret tumpukan sampah yang menggunung dan juga seorang pemulung di tempat pembuangan sampah Bantargebang.

Baca Juga: Hanya Lirik Harta Calon Suami, 8 Tahun Kemudian Wanita Ini Menyesal Telah Mau Dinikahi, Ini Penyebabnya!

Unggahan tersebut merupakan unggahan dari akun Instagram National Geographic yang diunggah ulang oleh aktor kelahiran 1974 ini pada Jumat (6/9/2019) lalu.

Dalam keterangannya disebutkan bahwa Bantargebang adalah salah satu tempat pembuangan sampah terbesar di dunia.

Tak hanya itu, pada bulan Maret 2016 silam, ia juga mampir ke Nangroe Aceh Darussalam.

Taj lupa ia juga menagabadikan momen bersama orang utan dan gajah sumatera yang tinggal di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser sambi memajang tagar #LeuserEcosystem.

Baca Juga: Selesai Ucapkan Ijab Kabul, Kedua Mempelai Ini Harus Dipisahkan, Wanitanya Menangis Sejadinya, Hari Bahagia Pasangan Ini Berubah, Begini Sebabnya!

Masih di tahun yang sama, DiCaprio juga mendirikan resor mewah seluas 42 hektare yang juga ramah lingkungan.

Resor tersebut didirikan di pulau pribadinya di kawasan Bezile, negara kecil yang ada di timur Amerika Tengah.

Sejak awal 2019, aktor 45 tahun ini juga menjadi investor dan penasihat bagi sebuah perusahaan keuangan yang ramah lingkungan bernama Aspiration.

(*)

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : Kompas.com, intagram, Tribun Jogja, Sosok.ID

Baca Lainnya