Seminggu Jadi Menkes, Dokter Terawan Traktir Makan Karyawan di Kantin Kemenkes, Ibu Kantin Disebut Sampai Nangis: 30 Tahun Jualan Baru Kali Ini

Jumat, 01 November 2019 | 14:00
Kolase gambar Kompas.com/Rakhmat Nur Hakim dan Twitter/@KemenkesRI

Seminggu Jadi Menkes, Dokter Terawan Traktir Makan Karyawan di Kantin Kemenkes, Ibu Kantin Disebut Sampai Nangis

Sosok.ID - Sejak resmi dilantik jadi menteri kesehatan, nama dokter Terawan langsung ramai diberitakan media di mana-mana.

Sebelumnya, dokter langganan Prabowo Subianto, Terawan Agus Putranto ini sempat bikin geger publik dengan penolakkan IDI terhadap jabatannya sebagai Menteri Kesehatan (menkes).

Kini, dokter Terawan kembali ramai dibicarakan lantaran video viralnya yang bikin heboh kantin karyawan gedung Kemenkes.

Siapa sih yang tak kenal dengan sosok dokter Terawan?

Baca Juga: Belum Sehari Jadi Pengantin Baru, Pria Ini Nangis Histeris saat Sang Istri Meninggal Dunia di Hadapan Tamu Nikahan Gegara Kelelahan

Sosok dokter ini mendadak ramai dibicarakan usai dirinya dilantik oleh Presiden Jokowi pada Rabu (23/10/2019) sebagai Menteri Kesehatan Kabinet Indonesia Maju di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Di balik sosoknya yang kini dikenal sebagai Menkes, dokter Terawan bukanlah sosok yang sembarangan.

Sosok dokter Terawan ini dikenal dengan sepak terjangnya yang cemerlang di dunia medis.

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto bahkan adalah salah satu pasien langganan dokter Terawan.

Baca Juga: Usia Belum Genap Sebulan, Bayi Kartika Putri Berhasil Sita Perhatian Warganet karena Bisa Lakukan Salah Satu Gerakan Salat : Masya Allah

Namun meski dikenal memiliki sepak terjang yang cemerlang di dunia medis, dokter Terawan rupanya punya catatan buruk dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Melansir Majalah Intisari, pada tahun 2008, dokter Terawan pernah dipecat atau diberhentikan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terkait metode terapi 'cuci otak' yang tengah ia kembangkan.

Terapi 'cuci otak' dengan Digital Substracion Angiography (DSA) yang ia kembangkan diklaim bisa menghilangkan penyumbatan di otak yang menjadi penyebab stroke.

Namun, metode 'cuci otak' yang dikenalkan Terawan ini rupanya menuai pro kontra lantaran dianggap memiliki resiko yang begitu tinggi dan belum teruji klinis.

Baca Juga: Sosok Politisi Milenial, William Aditya Sarana, Viral Setelah Gunakan Sosial Media Untuk Bahas RAPBD DKI Jakarta, Anggota Termuda dan Pernah Ditolak Orang Tuanya

Imbasnya, IDI sempat memberikan sanksi kepada dokter Terawan yaitu berupa pemecatan dari keanggotaan selama 12 bulan karena dianggap telah melanggar kode etik kedokteran.

Bahkan sanksi pemecatan dari IDI ini sampai berimbas pada pelantikannya sebagai Menkes.

Dilansir Sosok.ID dari Tribun Kesehatan, pengangkatan dokter Terawan sebagai Menkes ini sempat ditolak dan tak disetujui oleh Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) Pusat Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

MKEK bahkan sempat mengirim surat penonalakan kepada Presiden Jokowi 3 minggu sebelum pelantikan resmi menteri Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga: Tak Terima Anaknya Tinggal Kelas, Wali Murid Gugat SMA Kolese Gonzaga, Alumni : Dulu Mah Biasa Malah Banyak Banget

Kendati demikian, nampaknya baik dari pihak Jokowi sebagai kepala negara maupun dokter Terawan tak mau ambil pusing masalah seperti ini.

Nyatanya, dokter Terawan tetap maju sebagai salah satu menteri kabinet kerja jilid II periode 2019-2024.

Tak hanya dikenal dengan karier medisnya yang cemerlang, dokter Terawan rupanya juga dikenal akan sosoknya yang tak neko-neko.

Sederhana dan murah senyum, mungkin itulah dua kata yang bisa menggambarkan sosok dokter Terawan di mata publik.

Baca Juga: Terseret Kasus Korupsi, Wawan Mengaku Bagi-bagi Hadiah Pada Artis Ibukota, Inilah Deretan Artis yang Diduga Cicipi Hadiah! Ada yang Baru Keluar Dari Penjara Juga Ternyata!

Seolah belum cukup menggambarkan kesederhanaannya, belakangan ini video dokter Terawan tiba-tiba muncul di kantin gedung Kemenkes viral di media sosial Twitter.

Ya, melansir akun Twitter @arieflip, video tersebut baru saja diunggah pada Kamis (31/10/2019).

Sampai detik ini, video tersebut telah disukai lebih dari 1,4 ribu dan diretweet sebanyak 561 kali oleh para pengguna akun Twitter.

Dalam video tersebut, dokter langganan Prabowo ini baru saja mengajak staff Kemenkes makan siang bersama di kantin karyawan gedung Kemenkes.

Baca Juga: Dandanannya Dibuli Gegara Pesta Halloween BCL, Melly Goeslaw Sindir Istri Ashraf Sinclair yang Tak Kunjung Minta Maaf : Ketolong Brand Mahal Doang Itupun Dipinjemin

Dokter yang dikenal murah senyum tersebut terlihat nyaman duduk berdesakan dengan puluhan karyawan Kemenkes lainnya di ruang kantin yang sempit.

Tak hanya duduk berdesakkan dengan karyawan lain, dokter Terawan bahkan tak segan mentraktir stafnya makan siang pada hari itu.

"Saya makan bersama para karyawan yang ada disini dan mereka semua hari ini saya traktir, karena hari ini saya disangoni (diberi uang saku) sama istri saya," ucap dokter Terawan berseloroh seperti yang dikutip Sosok.ID dalam video tersebut.

Baca Juga: Hari Ini Dilantik Jadi Kapolri, Ternyata Idham Azis Miliki Putra Dengan Prestasi Mentereng, 2 Kali Capai Nilai Terbaik di Akpol

Twitter/@KemenkesRI
Twitter/@KemenkesRI

Momen saat dokter Terawan berdesakan makan siang dengan karyawannya di kantin Kemenkes RI.

Menariknya, berdasarkan cuitan @arieflip, ini baru pertama kalinya seorang menteri kesehatan mau berdesakan makan di kantin karyawan dalam kurun waktu 30 tahun terakhir.

Saking baru pertama kalinya terjadi, menurut cuitan @arieflip, ibu pemilik kantin sampai meneteskan air mata saat melihat dokter Terawan duduk makan bersama dengan para karyawannya.

"Kantin Karyawan Kemenkes Heboh!!! Tadi siang Menkes Letjen TNI (Purn.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto makan siang di Kantin.

Baca Juga: Terbangun Setelah Koma Selama 10 Tahun, Pria Ini Ungkap Fakta Mengejutkan Selama Dirinya Dirawat di Rumah Sakit

Ibu pemilik kantin sampai terharu keluar air mata karena sudah 30 tahun jualan baru kali ini Menkes makan di kantin," begitu cuitan akun Twitter @arieflip seperti yang dikutip Sosok.ID, Jumat (1/11/2019).

Dilansir Sosok.ID dari akun Twitter resmi Kemenkes RI @KemenkesRI, dokter Terawan juga tak segan diajak berfoto para pedangang dan pelayan kantin yang bertugas siang itu di kantin Gedung Kemenkes RI.

Tangkap layar Twitter/@KemenkesRI
Tangkap layar Twitter/@KemenkesRI

Cuitan Kemenkes RI tentang Dokter Terawan yang makan siang di kantin karyawan.

Sontak saja, video Menkes makan berdesakan di kantin karyawan Kemenkes RI viral dan ramai dikunjungi netizen Tanah Air.

Baca Juga: Sering Dijadikan Tempat Uji Nyali Hingga Dilirik Joko Anwar, Satpam Gedung Ungkap Keberadaan Makhluk Astral di Bioskop Atoom : Ada Kuntilanak

Tak sedikit dari mereka yang salut dengan sikap sederhana dan apa adanya dokter Terawan dalam video tersebut.

@mbahheri: Bapak Terawan teladan yang baik.. buat semua orang di sekitar dan semua bangsa Indonesia maju.

@theSOWONG: Tipikal tentara, mau makan dimana saja oke. Harus diapresiasi kalo ada pimpinan yg mau makan semeja dgn bawahan. Bawahannya bangga lho kalo bisa makan semeja dgn pimpinannya.

Baca Juga: Disebut Punya Harta Triliunan Hingga Tolak Gaji dan Tak Pakai Mobil Dinas Menhan, Prabowo Bantah Keras: Berita dari Mana Itu

@winzoeloe: Luar biasa....dan harus di contoh kesederhanaan nya.

@marcia_nang: Sederhana, lembut & humble.. ahhh bapakk

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Twitter, intisari

Baca Lainnya