Batal Masuk Kabinet Kerja Jokowi, Begini Gaya AHY Beri Ucapan Selamat Kepada Para Menteri Terpilih: Saya Doakan Sukses

Kamis, 24 Oktober 2019 | 10:00
Kolase gambar Instagram/@agusydhoyono

Batal Jadi Masuk Kabinet Kerja Jokowi, Begini Gaya AHY Beri Ucapan Selamat Kepada Para Menteri Terpilih: Saya Doakan Sukses

Sosok.ID - Presiden Jokowi didampingi wakil presiden Ma'ruf Amin baru saja melantik para menteri yang tergabung dalam Kabinet Kerja Jilid 2.

Sebanyak 32 menteri baru saja resmi dilantik Jokowi dan Ma'ruf Amin pada Rabu (23/10/2019) pagi kemarin di depan Istana Merdeka dengan nama Kabinet Indonesia Maju.

Dari 32 menteri yang baru saja dilantik, nama dan wajah baru pun bermunculan mengisi posisi menteri di kabinet kerja Jokowi.

Mulai dari pendiri perusahaan start up, Nadiem Makarim hingga mantan rival sang presiden di pemilu 2019, Prabowo Subianto.

Baca Juga: Disebut Bakal Gantikan Tito Karnavian Jadi Kapolri, Mantan Wakil Kepala Densus 88 Ini Pernah Buru dan Jebloskan Pangeran Cendana ke Penjara

Sebelumnya, presiden Jokowi memang mengungkap akan mulai memperkenalkan calon menteri kabinetnya pada Senin (21/10/2019).

"(Kabinet) sudah rampung, selesai. Nanti besok pagi saya kenalkan," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Merdeka, Minggu (20/10/2019).

Dan seperti yang ramai diberitakan media pemberitaan Tanah Air, sejak senin pagi sejumlah publik figur dari berbagai bidang dan kalangan menunjukkan diri di Istana Merdeka.

Satu per satu dari tokoh tersebut muncul di depan Istana Merdeka dengan kemeja putih khas baju kerja Jokowi dan senyum sumringah.

Baca Juga: Baru Sehari Jadi Menteri, Pengusaha Ini Ngaku Siap Dicopot dari Jabatan Tapi Ogah Dikomplain: Males Dengernya

Dari sekian banyak tokoh yang muncul di hari itu, kedatangan Ketua Umum Parta Gerindra, Prabowo Subianto rupanya tak kalah mengejutkan.

Melansir Kompas.com, dalam pertemuan yang terjadi pada Senin (21/10/2019) Prabowo mengaku diminta Jokowi untuk memperkuat kabinet pemerintahannya.

Dan pada Rabu (23/10/2019), Prabowo yang sebelumnya adalah rival sang presiden dalam Pemilu 2019 kini telah resmi dilantik sebagai Menteri Pertahanan.

Dicatutnya nama Prabowo ke dalam jajaran menteri Kabinet Kerja Jilid II membuat publik bertanya-tanya dengan nasib putra sulung presiden RI ke-6, Agus Harimurti Yudhoyono.

Baca Juga: Begini Respon Susi Pudjiastuti Kepada Menteri Kelautan & Perikanan yang Baru Usai Dirinya Tak Terpilih

Padahal sebelumnya seperti yang sempat diberitakan oleh Tribun Jabar, AHY santer dikabarkan bakal menjadi menteri baru Jokowi.

Nama putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu bahkan tercantum dalam daftar bocoran nama-nama calon menteri kabinet kerja baru Jokowi.

Melansir Tribun Jabar, Selasa (22/10/2019), nama AHY digadang-gadang bakal masuk pilihan calon menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Kendati sudah dinanti-nantikan, rupanya nama putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono ini tak masuk ke dalamn jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang dilantik pada Rabu (23/10/2019).

Baca Juga: Mati-matian Perjuangkan Jokowi Jadi Presiden, Sosok Kontroversial Ini Tegas Tolak Tawaran Jadi Menteri, Alasannya Sampai Buat Iwan Fals Terpana

Dilansir Sosok.ID dari akun Twitter, @AgusYudhoyono, suami Annisa Pohan yang sebelumnya tak terlihat berkomentar apapun terkait hal ini, akhirnya angkat bicara.

Melalui cuitan terbarunya, AHY tampaknya telah berbesar hati bahwa namanya tak terpilih menjadi menteri Kabinet Indonesia Maju.

Dalam cuitannya tersebut, AHY menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya presiden, wapres dan menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Tak hanya mengucapkan selamat, AHY juga mendoakan kesuksesan para menteri terpilih ini atas tugas-tugas negara yang bakal mereka emban untuk 5 tahun ke depannya.

Baca Juga: Pemerintahan Darurat Republik Indonesia, Saat Dimana Menteri Pertahanan Menjabat Sebagai Presiden

AHY juga meminta pemerintahan Jokowi selanjutnya agar dapat mendengarkan rakyat lebih baik lagi dalam setiap aspirasi.

Tak hanya itu, ia menambahkan rakyat yang ingin semakin sejahtera dan bahagia.

"Bapak Presiden Joko Widodo & Wapres KH. Ma'ruf Amin, serta jajaran Kabinet Indonesia Maju yang saya muliakan,

Selamat mengemban amanah dan melanjutkan kerja besar 5 tahun mendatang.

Baca Juga: Sosok Lulusan Filsafat Ini, Habiskan 12 Tahun Masa Kecilnya Sebagai Santri Dan Pernah Numpang di Rumah Gus Dur, Kini Diangkat Jokowi Jadi Menteri, Siapakah Dia?

Saya doakan sukses, dan benar-benar bisa membawa Indonesia semakin baik di masa depan," tulis AHY, seperti dikutip Sosok.ID dari akun Twitter pribadinya, @AgusYudhoyono, Kamis (24/10/2019).

Tangkap layar Twitter/@AgusYudhoyono
Tangkap layar Twitter/@AgusYudhoyono

Cuitan ucapan selamat dari AHY untuk para menteri kabinet Indonesia Maju terpilih.

"Mohon berkenan untuk senantiasa mendengarkan suara, hati dan pikiran rakyat Indonesia.

Rakyat yang ingin diri dan keluarganya semakin sejahtera dan bahagia;

Rakyat yang ingin negerinya semakin aman dan damai, hidup rukun dan saling menghargai sesama anak bangsa.

Baca Juga: Tak Hanya Santri, Sosok Politikus Ini Juga Telah Ramalkan Prabowo Bakal Jadi Menteri Jokowi dari Jauh-jauh Hari

Rakyat yang ingin negaranya semakin maju dan dihormati dunia.

Salam hormat, AHY," tulis AHY menutup cuitannya.

Tangkap layar Twitter/@AgusYudhoyono
Tangkap layar Twitter/@AgusYudhoyono

Lanjutan cuitan AHY terkait pelantikan para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Tak hanya melalui cuitan Twitternya saja, AHY juga diketahui mengunggah ucapan selamat itu melalui akun Instagram pribadinya, @agusyudhoyono pada Rabu (23/10/2019).

Tak ayal, cuitan Agus Yudhoyono tersebut mendapat beragam respon dari para warganet.

Baca Juga: Walau Jadi 'Bawahan' Jokowi, Nyatanya Jabatan Menteri Pertahanan Prabowo Bisa Menggantikan Peran Presiden Tanpa Melalui Pemilu

Tidak sedikit dari mereka yang salut dengan sikap AHY yang berbesar hati menerima kenyataan.

Sampai berita ini ditayangkan, cuitan AHY tersebut telah diretweet sebanyak 900 kali dan disukai lebih dari 5 ribu pengguna akun Twitter.

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Kompas.com, Twitter, Tribun Jabar

Baca Lainnya