Gadis Berusia 10 Tahun Alami Koma Setelah Berenang di Sungai, Ternyata Terdapat Aktivitas Aneh di Otaknya, Dokter: Hanya Menunggu Keajaiban Tuhan

Senin, 16 September 2019 | 13:30
Kolase Facebook via Dailymail

Gadis Berusia 10 Tahun Alami Koma Setelah Berenang di Sungai, Ternyata Terdapat Aktivitas Aneh di Otaknya, Dokter: Hanya Menunggu Keajaiban Tuhan

Sosok.ID - Gadis Berusia 10 tahun asal Texas harus berjuang untuk hidupnya di rumah sakit setelah tertular parasit langka dalam tubuhnya.

Tepatnya terdapat parasit pemakan otak yang bersemayam di otak gadis kecil tersebut.

Hal tersebut terjadi setelah gadis tersebut kedapatan berenang di Sungai Brazos pada (1/5/19) lalu.

Lily Avant, ditempatkan dalam keadaan koma yang diinduksi secara medis setelah kondisinya kian memburuk.

Baca Juga: 4 Tahun Jaga Janji Bakal Jadi Saksi Nikah Anak ART, BJ Habibie Ngotot Hadiri Akad dengan Kursi Roda di Penghujung Hayatnya

Sebelumnya ia mengeluh sakit kepala dan demam pada (8/9/19) lalu dan ternyata ada akitivitas aneh di kepala gadis tersebut.

Ternyata setelah diperiksa dokter, dalam kepala gadis tersebut terdapat parasit langka yang berbahaya.

Nama latin dari parasit tersebut adalah Naegleria Fowleri, yakni parasit pemakan otak.

Awalnya, Lily kedapatan sedang berenang di sungai belakang rumahnya di daerah Whitney, Texas, Amerika Serikat.

Baca Juga: Kantor Go-Jek Lampung Tutup, Pengemudi Tetap Beroperasi Seperti Biasa, Ini Alasannya!

Facebook vi Dailymail

Lily Avant, sebelum alami koma setelah berenang di Sungai Brazos, Texas

Ayahnya, John Crawson mengatakan kepada laman berita Today yang dikutipDailymail.co.uk, "Kami harap kami dapat menemukannya tepat waktu. Dia seorang pejuang. Dia lebih kuat dari siapa pun yang saya kenal", diterjemahkan Sosok.ID.

Saat ini Lily kecil sedang dirawat di rumah sakit Fort Worth sudah berjalan beberapa hari dengan keadaan tak sadarkan diri.

Pada hari jumat (13/9/19) malam, keluarga gadis kecil tersebut mengadakan doa bersama untuk keselamatan gadis kesayangan mereka itu.

Baca Juga: Bukan Habibie, Inilah Sosok Orang Indonesia Pertama yang Membuat Pesawat Terbang, Pakai Alat Seadanya Termasuk Kawat Jemuran

Amuba bernama latin Naegleria Fowleri dapat menyebabkan infeksi otak yang membuat kerusakan dalam sistem jaringan.

Pada tahap awal, gejalanya mirip seperti gejala penyakit meningitis bakteri.

Organisme tersebut sebenarnya tidak akan menyebabkan penyakit apabila tertelan oleh manusia.

Namun dapat menjadi pembunuh berbahaya apabila masuk ke tubuh melalui saluran pernapasan manusia.

Baca Juga: Memilukan, Seorang Gadis Rela Kembali ke Dalam Rumah yang Terbakar Demi Selamatkan Sang Nenek, Nahas Dirinya Ikut Terpanggang

Dokter yang menangani, Wendy Scott berkata kepada KXAS yang dikutip oleh Dailymail.co.uk, Sungai tersebut berada di belakang rumah Lily. Dia sering berenang disana. Pada hari dia terjangkit parasit tersebut, terdapat pula 40 orang yang sedang berenang di Sungai yang sama", diterjemahkan oleh Sosok.ID.

"Dia dibawa ke ruang gawat daruat pada hari Selasa ketika dia bangun tidur dengan kondisi yang sudah tidak reponsif. Dia membuka mata, namun tidak dapat berbicara. Kami pikir jika airnya mengalir, itu aman, tapi jelas bukan itu masalahnya," tambahnya, diterjemahkan dari Dailymail.co.uk.

Facebook vi Dailymail

Lili Avant, alami koma setelah terdeteksi ada parasit pemakan otak di kepalanya

Scott menambahkan hari Sabtu: "Kami berada pada titik di mana para dokter telah kehabisan sumber daya mereka. Lily masih bertarung, dia masih berkata kuat. Kami hanya menunggu Tuhan bekerja dan melakukan keajaiban. Dia dalam kondisi stabil, dia masih di ICU saat ini, dan pada dasarnya di mana kita berada. Kami hanya perlu banyak doa," diterjemahkan Sosok.ID dari Dailymail.co.uk.

Seorang Juru Bicara Departemen Kesehatan Negara Bagian Texas mengatakan, bahwa kejadian serupa rata-rata kurang dari satu persen terdapat di wilayah Texas.

Namun, hal itu sangat serius dan hampir selalu berakibat fatal bagi pasien yang mengidap hal serupa.

Karena sangat jarang menemui kasus seperti ini, pihak pemerintah masih mencari penyebabnya.

Baca Juga: Alat Vitalnya Diremas Oleh Seorang Pria, Lucinta Luna : Aku Tuh Tiba-tiba Punya Tenaga Samson

Karena banyak warga Texas yang berenang di Sungai tersebut namun hanya beberapa orang yang dilaporkan mengalami hal tersebut dengan jarak yang tidak bersamaan.

Sedang yang lainnya tetap baik-baik saja tidak mengalami hal serupa.

Atas dukungan yang didapat oleh banyak orang diberbagai tempat, ibu Lily sempat berucap terima kasih kepada semua orang yang telah mendukung keluarganya untuk menyemangati dan memperjuangkan kesehatan anak perempuan mereka melalui jejaring Facebook. (*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : dailymail.co.uk

Baca Lainnya