Follow Us

Masa Kecil Egianus Kogoya Jadi Sebab Bos KKB Itu Jadi Sosok Mengerikan

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Selasa, 20 Juni 2023 | 09:52
Masa kecil Egianus Kogoya disebut jadi sebab sang pemimpin KKB dikenal sebagai sosok yang sadis
Twitter @randomworldwar

Masa kecil Egianus Kogoya disebut jadi sebab sang pemimpin KKB dikenal sebagai sosok yang sadis

Sosok.ID - Baru-baru ini masa kecil Egianus Kogoya, salah satu pemimpin kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang dicap sebagai sosok sadis dibongkar.

Sejumlah peristiwa baik penyerangan maupun penyanderaan yang dilakukan oleh KKB beberapa waktu terakhir memang diketahui bermula dari Egianus Kogoya.

Seperti penyanderaan terhadap pilot Susi Air, Kapten Philips Merhtens belum lama ini juga ditudingkan pada KKB Egianus Kogoya di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan.

Dikutip dari Tribunnews-Medan, sejumlah kejahatan yang dilakukan Egianus Kogoya bersama KKB telah dilakukannya sejak 2017 silam.

Kini bahkan kejahatan yang dilakukan oleh Egianus Kogoya dikategorikan sebagai terorisme.

Mengutip dari GridHot.ID, Egianus Kogoya setidaknya Egianus Kogoya telah melancarkan 65 kali aksi kekerasan bersenjata dengan menyebabkan 74 orang luka hingga tewas.

"74 orang yang meninggal dan luka-luka itu terdiri dari aparat keamanan dan warga sipil," kata Kasatgas Humas Damai Cartenz Kombes Donny Charles Go di Jayapura.

Dijelaskan, aksi kekerasan bersenjata yang dilakukan sejak tahun 2017 itu terdiri dari 31 aksi penembakan, 16 aksi kontak tembak, delapan aksi penyerangan, 3 aksi pembantaian dan 2 aksi pembakaran.

Kelompok Egianus juga tercatat pernah melakukan aksi pembunuhan, pemerkosaan, penganiayaan, pengancaman, dan penyanderaan pilot.

"Polda Papua telah menerbitkan 16 orang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) untuk dilakukan tindakan hukum," ujar Donny.

Seperti diberitakan dari Tribunnews.com, Egianus Kogoya adalah pimpinan KKB Papua di Kabupaten Nduga dan terbilang masih muda.

Egianus Kogoya merupakan pemuda kelahiran tahun 1999 atau kini baru menginjak usia 24 tahun.

Editor : Sosok

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest