Follow Us

Bak Perang di Hutan, Begini Cara TNI-Polri Hadapi KKB Egianus Kogoya!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Minggu, 19 Februari 2023 | 15:53
Operasi penyelamatan pilot Susi Air yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya telah bergerak menuju lokasi musuh di tengah hutan
kolase Instagram/Twitter

Operasi penyelamatan pilot Susi Air yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya telah bergerak menuju lokasi musuh di tengah hutan

Sosok.ID - Brigadir Jenderal (Brigjen) Junta Omboh Sembiring, ditunjuk sebagia pemimpin Operasi Pembebasan Pilot Susi Air yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

Dalam operasi khusus ini, Brigjen JO Sembiring disebut Panglima Daerah Militer XVII?Cenderawasih (Pangdam Cenderawasih) Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mendapat tanggung jawab sebagai Komandan Komando Pelaksana Operasi atau Dankolaksops TNI.

JO Sembiring sendiri merupakan perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang menjabat sebagai Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi.

Pria kelahiran 8 Januari 1972 ini merupakan jebolan komando pasukan khusus atau Kopassus dengan segudang skil keprajuritan.

Bahkan JO Sembiring juga memiliki kemampuan khusus dalam bidang intelijen selama beradai di Komando Baret Merah.

Operasi khusus yang dilakukan oleh pasukan gabungan TNI-Polri tersebut bertujuan untuk membebaskan Kapten Philips Max Mehrtens, pilot Susi Air yang disandera oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Lantas bagaimana strategi pasukan khusus ini menyelamatkan pilot Susi Air dari tangan KKB di Papua?

Mayjen TNI Saleh Mustafa sempat membeberkan strategi yang dipakai oleh pasukan gabungan TNI-Polri tersebut.

Dalam keterangannya di Mako Lanud Yohanis Kapiyau, Kamis (16/2/2023) dikutip dari TribunPapua, Saleh Mustafa menyebut ada sejumlah strategi yang dijalankan.

“Secara teknis dan taktis sudah dipersiapkan,” kata Mayjen TNI Saleh Mustafa.

Mengamankan jalur udara di sekitar lokasi

Editor : Sosok

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest