Follow Us

Sentil Jokowi 'Endorse' Capres Cawapres, Demokrat: Belajar dari SBY!

Rifka Amalia - Selasa, 21 Februari 2023 | 13:08
Presiden Jokowi -  Presiden Jokowi belum lama ini menyebutkan nama-nama yang berpotensi menjadi capres cawapres 2024, AHY disebutkan, Demokrat beri kritik tajam.
Instagram @jokowi

Presiden Jokowi - Presiden Jokowi belum lama ini menyebutkan nama-nama yang berpotensi menjadi capres cawapres 2024, AHY disebutkan, Demokrat beri kritik tajam.

Sosok.ID - Presiden Jokowi belum lama ini menyebutkan nama-nama yang berpotensi menjadi capres cawapres 2024, AHY disebutkan, Demokrat beri kritik tajam.

Mengutip Kompas.com, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menilai Jokowi terlalu sering meng-endorse nama-nama tertentu.

Sikap itu dikhawatirkannya akan mengganggu netralitas suara pada pemilihan umum 2024.

"Kita juga menyayangkan Pak Jokowi yang terlalu sering meng-endorse figur-figur tertentu sebagai capres dan cawapres yang bisa mempengaruhi netralitas dan profesionalitas aparat," ujar Kamhar pada Senin (20/1/2023), seperti dikutip Sosok.ID dari Kompas.com.

Menurut Kamhar, Jokowi perlu menahan diri mempromosikan sosok-sosok tertentu dan belajar dari SBY.

"Ada baiknya belajar pada pengalaman Pilpres 2014, ketika dulu Pak SBY mampu menahan dan menjaga diri dari untuk tidak meng-endorse pasangan tertentu, baik itu Jokowi-JK maupun pasangan Prabowo-Hatta," terang Kamhar.

Kamhar menerangkan, kebiasaan Jokowi menyebutkan tokoh-tokoh tertentu sebagai calon presiden dan wakil presiden pemilu 2024 bisa menggiring suara.

"Sehingga, (jika Jokowi bisa menahan diri) elemen kekuasaan bisa benar-benar netral. Dan pemilu bisa terselenggara dengan demokratis dan transisi serta peralihan kekuasaan berjalan secara lancar," katanya.

Terkait nama AHY turut disebut Jokowi, Kamhar menilainya sebagai doa.

Tanggapan AHY

Menanggapi pidato Jokowi di Haul PPP ke 50 beberapa waktu lalu yang turut menyebut namanya, AHY menganggapnya sebagai peluang.

"Tadi saya mendengarkan sambutan beliau," ujarnya pada Jumat (27/2/2023), dikutip dari Tribunnews.com.

Editor : Sosok

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest