Follow Us

Seluruh Anggota Setuju, Timor Leste Resmi Jadi Anggota Kesebelas ASEAN

May N - Jumat, 11 November 2022 | 16:35
Ilustrasi ASEAN. Inilah daftar peran indonesia dalam hubungan kerjasama dengan negara di Asia Tenggara
freepik.com/freepik

Ilustrasi ASEAN. Inilah daftar peran indonesia dalam hubungan kerjasama dengan negara di Asia Tenggara

Sosok.ID - Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada prinsipnya telah setuju untuk mengakui Timor Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN, kata blok itu dalam sebuah pernyataan pada Jumat.

Negara setengah pulau itu, yang secara resmi disebut Timor Leste, juga akan diberikan status pengamat pada KTT ASEAN, kata blok itu setelah para pemimpin regional bertemu di Phnom Penh untuk KTT ASEAN.

"Kami... pada prinsipnya setuju untuk mengakui Timor Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN," kata pernyataan itu, seraya menambahkan bahwa langkah selanjutnya akan mencakup "peta jalan untuk keanggotaan penuh" yang akan diajukan pada KTT tahun depan seperti dilansir dari reuters.com.

Rakyat Timor Leste memilih untuk merdeka dari pendudukan brutal oleh negara tetangga Indonesia dalam referendum yang diawasi PBB tahun 1999, dan negara itu secara resmi diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2002, menjadikannya negara demokrasi termuda di Asia.

Negara kaya sumber daya berpenduduk 1,3 juta orang itu segera memulai proses aksesi ke ASEAN, tetapi baru secara resmi mengajukan keanggotaan pada tahun 2011.

"Singapura menyambut, secara prinsip, keanggotaan tahunan Timor Leste dalam ASEAN," ujar perdana menteri Singapura Lee Hsien Loong, dilansir dari CNA.

Sosoknya juga mengatakan ASEAN telah berdiskusi masalah keanggotaan Timor Leste "untuk beberapa waktu."

Para pemimpin telah membahas hal ini pada sesi pleno yang diadakan di ibukota Kamboja pada hari Jumat.

Para pemimpin militer Myanmar tidak hadir, karena mereka dilarang menghadiri pertemuan tingkat tinggi.

Para pemimpin ASEAN mengatakan bahwa semua negara anggota dan pihak eksternal akan sepenuhnya mendukung Timor-Leste untuk mencapai tonggak sejarah dengan memberikan "bantuan peningkatan kapasitas dan dukungan lain yang diperlukan untuk keanggotaan penuhnya di ASEAN".

"Ini harus dilakukan sesuai dengan peta jalan ASEAN yang objektif dan berbasis kriteria."

Dia menambahkan bahwa ASEAN harus membantu Timor-Leste membangun kapasitas, dan asosiasi harus bekerja dengan mitra eksternal dalam hal ini.

Editor : May N

Baca Lainnya

Latest