Follow Us

Bacaan Doa Saat Rezeki Seret, Diamalkan Rasulullah SAW Ketika Keluar Rumah

Rifka Amalia - Kamis, 27 Oktober 2022 | 20:18
Ilustrasi - Inilah bacaan doa yang diamalkan oleh Rasulullah SAW ketika rezeki seret. Doa ini dibaca oleh Rasulullah SAW saat keluar rumah.
Pixabay

Ilustrasi - Inilah bacaan doa yang diamalkan oleh Rasulullah SAW ketika rezeki seret. Doa ini dibaca oleh Rasulullah SAW saat keluar rumah.

Sosok.ID - Inilah bacaan doa yang diamalkan oleh Rasulullah SAW ketika rezeki seret. Doa ini dibaca oleh Rasulullah SAW saat keluar rumah.

Rezeki diketahui merupakan takdir yang telah dicatat oleh Allah SWT di Lauhil Mahfudz.

Meski banyak orang mengartikan rezeki sebagai materi, harta, maupun uang, namun sebenarnya rezeki tak terbatas pada itu saja.

Dalam Islam, rezeki adalah berkah dan nikmat dari Allah SWT yang tidak hanya berbentuk materi.

Meski demikian, Rasulullah SAW kerap memberikan masukan kepada para sahabat mengenai amalan dan bacaan doa saat memohon dilancarkan rezekinya.

Adapun bacaan ini diamalkan oleh Rasullah ketika keluar rumah.

Saat keluar rumah, manusia dianjurkan berdoa memohon keselamatan dari segala marabahaya.

Namun, saat rezeki sedang seret, dianjurkan menambahkan doa yang diajarkan oleh Rasulullah.

Doa ini diriwayatkan oleh Ibnu Umar RA, dikutip via NU Online, berbunyi sebagai berikut.

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Bismillâhi ‘ala nafsî wa mâlî wa dînî. Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ika, wa bârik lî fîmâ quddira lî hattâ lâ uhibba ta‘jîla mâ akhkharta, wa lâ ta’khîra mâ ‘ajjalta.

Artinya, “Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kautunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan.”

Diharapkan, doa ini membantu membukakan pintu-pintu rezeki. Namun demikian selain berdoa, perlu pula diimbangi dengan ikhtiar yang maksimal. (*)

Baca Juga: Diajarkan Nabi Muhammad, Ucap Doa Ini Sebelum Bekerja, Rezeki Bakal Ngalir Deras

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest