Follow Us

Waspadai Gangguan Ginjal Akut Pada Anak yang Merebak, Kemenkes Perintahkan Obat Ini Ditarik dari Peredaran

May N - Rabu, 19 Oktober 2022 | 10:34
(Ilustrasi) Gagal ginjal akut pada anak
dok. Freepik.com

(Ilustrasi) Gagal ginjal akut pada anak

Sosok.ID - Semua apotek diperintahkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) guna tidak menjual obat bebas ataupun obat bebas terbatas dalam bentuk cair untuk sementara waktu.

Instruksi ini menyusul merebaknya kasus gangguan ginjal akut misterius atau gangguan ginjal akut progresif atipikal yang menyerang anak-anak, umumnya balita.

Instruksi tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor SR.01.05/III/3461/2022 mengenai Kewajiban Penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Kasus Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) yang menyerang anak-anak.

"Seluruh apotek untuk sementara tidak menjual obat bebas dan/atau bebas terbatas dalam bentuk syrup kepada masyarakat sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tulis instruksi tersebut, dikutip dari Kompas.com, Rabu (19/10/2022).

Instruksi tersebut ditandatangani oleh Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Murti Utami.

Instruksi tersebut juga meminta agar para nakes tidak meresepkan obat berbentuk cair sementara waktu.

"Tenaga Kesehatan pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk sementara tidak meresepkan obat-obatan dalam bentuk sediaan cair/syrup sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," sebutnya.

Sementara itu, apabila sudah ditemukan gangguan ginjal akut pada anak, fasyankes harus merujuk pasien tersebut ke rumah sakit yang memiliki dokter spesialis ginjal anak dan fasilitas hemodialisis (cuci darah) anak.

Jika fasyankes tidak memiliki fasilitas ruangan intensif berupa High Care Unit (HCU) dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU), rujukan perlu dilakukan.

"Penatalaksanaan pasien oleh rumah sakit mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02/I/3305/2022 tentang Tata Laksana dan Manajemen Klinis Gangguan Ginjal Akut Atipikal Pada Anak di Fasilitas Pelayanan Kesehatan," tulis instruksi.

Fasyankes juga perlu bersama dinas kesehatan memberikan edukasi agar orangtua lebih waspada, terutama jika memiliki anak dengan usia di bawah 6 tahun dengan gejala gangguan ginjal.

Gejalanya antara lain penurunan volume atau frekuensi urine maupun tidak ada urine, dengan atau tanpa demam/gejala prodromal lainnya.

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest