Follow Us

Militernya Roboh di Ukraina, Vladimir Putin Tunjuk Sosok Jenderal Ini Pimpin Perang Rusia

Rifka Amalia - Minggu, 09 Oktober 2022 | 18:21
Vladimir Putin tunjuk jenderal baru untuk pimpin perang Rusia-Ukraina
@putinofficial.ru

Vladimir Putin tunjuk jenderal baru untuk pimpin perang Rusia-Ukraina

Sosok.ID - Militer Rusia telah mengalami kekalahan berulang-ulang di Ukraina, Vladimir Putin tunjuk sosok jenderal ini untuk pimpin perang.

Setelah berminggu-minggu kerobohan di medan perang, Rusia menunjuk seorang jenderal baru untuk memimpin perang melawan Ukraina.

Jenderal yang dipasrahi meningkatkan performa militer Rusia dalam perang Ukraina adalah kepala angkatan udara Jenderal Sergey Surovikin.

Diketahui, tentara Vladimir Putin mengalami serangkaian kemunduran militer yang memicu kritik yang jarang terjadi terhadap komando medan perang.

Mengutip Al Jazeera, minggu (9/10/2022), Jenderal Sergey Surovikin ditunjuk sebagai “komandan Pasukan Gabungan di bidang operasi militer khusus”.

Pengumuman penunjukan itu disampaikan oleh kementerian pertahanan Rusia pada hari Sabtu,(8/10/2022).

Surovikin yang berusia 55 tahun itu menandai pengangkatan militer senior ketiga Moskow dalam waktu seminggu.

Perubahan itu menyusul pemecatan yang dilaporkan awal pekan ini terhadap komandan dua dari lima wilayah militer Rusia, karena pasukannya mengalami kemunduran dramatis di timur laut dan selatan Ukraina dalam beberapa pekan terakhir.

Lalu, bagaimana profil singkat Surovikin?

Menurut situs web kementerian pertahanan, Surovikin lahir di wilayah Novosibirsk Siberia, dan telah memimpin Angkatan Udara dan Luar Angkasa Rusia sejak 2017.

Surovikin memiliki pengalaman tempur dalam konflik tahun 1990-an di Tajikistan dan Chechnya dan, baru-baru ini, di Suriah, di mana Moskow melakukan intervensi pada tahun 2015 di pihak pemerintah Bashar al-Assad.

Dia dituduh mengawasi pemboman brutal yang menghancurkan sebagian besar kota Aleppo.

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest