Follow Us

Kisah Nabi Muhammad Menerima Wahyu Pertama dari Allah SWT

Rifka Amalia - Jumat, 07 Oktober 2022 | 20:00
Kisah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT terjadi ketika beliau berumur 40 tahun.
Freepik/wirestock

Kisah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT terjadi ketika beliau berumur 40 tahun.

Sosok.ID - Kisah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT terjadi ketika beliau berumur 40 tahun.

Nabi Muhammad SAW merupakan utusan Allah SWT sekaligus panutan bagi seluruh muslim di dunia, sehingga banyak kisah Nabi Muhammad yang menjadi teladan bagi umatnya.

Dalam buku Kisah Nabi Muhammad SAW, Ajen Dianawati (2008), wahyu pertama Nabi Muhammad SAW diterima pada tanggal 17 Ramadhan, 13 tahun sebelum Hijriyah.

Wahyu itu didapatkan Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril saat beliau berdiam diri di Gua Hira.

Peristiwa turunnya wahyu pertama Nabi Muhammad SAW dimulai ketika Rasulullah mengkhawatirkan keruntuhan moral di kota Mekkah.

Nabi Muhammad SAW merenungi dan menyadari banyak keadaan kaumnya yang terbelenggu dengan keyakinan syirik, sehingga ia melakukan uzlah (mengasingkah diri).

Beliau kerap bertahannuts di Gua Hira di Jabal Nur, berbekal air dan roti gandum.

Dilansir dari muslim.or.id, selama bulan Ramadhan, beliau menghabiskan waktu untuk merenung dan beribadah di tempat tersebut.

Tanda-tanda kenabian di usia 40 tahun tersebut salah satunya ditandai dengan adanya sebuah batu di Mekkah yang mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad SAW.

“Sungguh aku mengetahui sebuah batu di Mekkah yang mengucapkan salam kepadaku sebelum aku diutus (menjadi Nabi). Dan aku masih mengenalkan sampai sekarang” (HR. Muslim no. 2277).

Tanda kenabian semakin jelas ketika Nabi Muhammad menerima mimpi-mpi yang disebut u’ya ash shalihah atau ru’ya ash shadiqah.

“Mimpi yang benar adalah salah satu dari 46 tanda kenabian” (HR. Muslim no. 2263).

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest