Follow Us

Cegah Perang Nuklir, Sosok Ini Berupaya Keras Cari Kelemahan Putin

May N - Sabtu, 08 Oktober 2022 | 06:33
Ilustrasi Presiden AS Joe Biden memperingatkan Vladimir Putin untuk tidak menggunakan senjata nuklir meski Rusia kalah perang
Playtech.io

Ilustrasi Presiden AS Joe Biden memperingatkan Vladimir Putin untuk tidak menggunakan senjata nuklir meski Rusia kalah perang

Sosok.ID - Sosok Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden Kamis (6/10/2022) mengatakan dunia kembali di bawah ancaman perang nuklir.

Kondisi ini mirip dengan era Perang Dingin.

Joe Biden menggambarkan dengan istilah Armageddon, dan mengatakan dirinya harus temukan jalan keluar agar Presiden Rusia Vladimir Putin mau hentikan perang di Ukraina.

"Kami belum menghadapi prospek Armageddon sejak era (presiden) Kennedy dan krisis rudal Kuba pada tahun 1962. Putin tidak bercanda ketika dia mengancam akan menggunakan senjata nuklir di Ukraina," kata Biden pada acara penggalangan dana Partai Demokrat di New York.

Putin sebelumnya sudah mengeluarkan ancaman tidak langsung mengenai penggunaan senjata nuklir jika Rusia telah kehabisan pilihan.

Saat ini, Rusia menghadapi perlawanan keras oleh pasukan Ukraina yang terus mendapatkan dukungan militer dari negara-negara Barat, termasuk AS.

Ahli menilai kemungkinan senjata nuklir dipakai adalah kecil.

Namun, Biden peringatkan jika serangan taktis di area terbatas masih ada risiko memicu gejolak yang lebih luas.

"Putin tidak bercanda ketika dia berbicara tentang potensi penggunaan senjata nuklir taktis atau senjata biologi atau kimia, karena militernya, bisa dibilang, secara signifikan berkinerja buruk," lanjut Biden, seperti dikutip Channel News Asia.

Biden mengaku ragu penggunaan senjata nuklir, meski kecil, pada akhirnya tidak menyebabkan bencana besar.

Di hadapan para pendukung Partai Demokrat, Biden menegaskan dirinya sedang berusaha mencari kelemahan Putin.

Pada akhirnya, Biden berharap bisa membuat Putin tidak hanya kehilangan muka, tetapi juga membuat Rusia kehilangan kekuatannya.

Baca Juga: Orang Indonesia Bisa Pakai, 30 Arti Nama Bayi Perempuan dari Bahasa Rusia yang Tak Pasaran

Editor : May N

Latest