Follow Us

Ucap Pidato Pertama, Raja Charles III Beberkan Pesan Khusus untuk Sosok Ibu, Sampaikan Terima Kasih pada Ratu Elizabeth II

Dwi Nur Mashitoh - Sabtu, 10 September 2022 | 14:24
Pangeran Charles atau sekarang Raja Charles III dengan Ratu Elizabeth II
Instagram @clarencehouse

Pangeran Charles atau sekarang Raja Charles III dengan Ratu Elizabeth II

Sosok.ID - Setelah sang ibu, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022), Raja Charles III memegang takhta Kerajaan Inggris.

Raja Charles III sendiri telah mengukir sejarah baru di Buckingham Palace.

Itu karena Raja Charles III memgang takhta kerajaan di usia 73 tahun.

Ia menjadi raja pertama yang dinobatkan di usia setua itu.

Raja Charles II pun mengutarakan pidato pertamnya sebagai Raja Inggris yang disiarkan melalui kanal YouTube resmi stasiun televisi nasional Inggris Channel 4 pada Sabtu (10/9/2022).

Melansir dari Kompas.com, Raja Charles III bersumpah untuk melayani rakyat Inggris dengan "kesetiaan, rasa hormat, dan cinta".

Dalam pidato pertamanya di Buckingham Palace itu, Raja Charles III juga memberikan kata-kata penghiburan setelah kematian sang ibu.

Ia memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II atas "cinta, kasih sayang, bimbingan, pengertian dan teladan".

"Ratu Elizabeth menjalani hidup dengan baik; sebuah janji dengan takdir yang ditepati dan dia sangat berduka atas kematiannya. Janji layanan seumur hidup itu saya perbarui kepada Anda semua hari ini," katanya.

"Sepanjang hidupnya, Yang Mulia Ratu - ibu saya tercinta - adalah inspirasi dan contoh bagi saya dan semua keluarga saya, dan kami berutang padanya hutang paling tulus yang dapat dimiliki setiap keluarga kepada ibu mereka."

Sebanyak 2.000 masyarakat dan politisi, termasuk perdana menteri, menghadiri upacara peringatan untuk Ratu di Katedral St Paul dan menyaksikan pidato Raja.

Dalam pidato tersebut, Raja Charles III juga menyebut istri serta anak-anaknya.

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest