Follow Us

30 Arti Nama Bayi Perempuan Islami dalam Al Quran beserta Maknanya

Rifka Amalia - Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:44
Arti nama bayi perempuan Islami dalam Al Quran. Memiliki bayi perempuan yang kelak mencintai Al Quran adalah impian bagi setiap orang tua muslim.
Nakita/Nita Febriani

Arti nama bayi perempuan Islami dalam Al Quran. Memiliki bayi perempuan yang kelak mencintai Al Quran adalah impian bagi setiap orang tua muslim.

Sosok.ID - Arti nama bayi perempuan Islami dalam Al Quran. Memiliki bayi perempuan yang kelak mencintai Al Quran adalah impian bagi setiap orang tua muslim.

Dengan mengharapkan doa baik bagi kehidupan anak-anak kita, Ayah dan Bunda bisa menjadikan arti nama bayi perempuan Islami sebagai pilihan dalam memberikan nama.

Memilih nama-nama yang baik untuk anak sesuai dengan syariat Islam, dikuatkan dengan firman Allah SWT dalam surah Al-A'raf ayat 180.

Adapun dalam Islam, memberikan nama untuk anak merupakan hak para ayah. Namun bukan artinya ibu tak boleh andil dalam proses memilihnya.

Sebagai pertimbangan, berikut beberapa arti nama bayi perempuan Islami yang terdapat dalam kitab suci Al Quran.

1. Adila, memiliki arti wanita yang lurus dan adil.2. Afifah, memiliki arti wanita lembut.3. Aisyah, nama istri Rasulullah Muhammad SAW.4. Annisa, memiliki arti perempuan, wanita.5. Azzahra, memiliki arti bunga.6. Balqis, nama Ratu di Negeri Saba yang masuk Islam.7. Dzakiya, memiliki arti cerdas.8. Eliza, memiliki arti berharga dan unik.9. Fatimah, nama putri Nabi Muhammad SAW.10. Fairuz, memiliki arti batu permata.

11. Farida, memiliki arti mutiara yang tidak tertandingi.12. Ghina, memiliki arti kekayaan.13. Hasna, memiliki arti cantik.14. Iffah, memiliki arti kesucian dan kehormatan.15. Inayah, memiliki arti perlindungan, perhatian, penuh kasih sayang.16. Jannah, artinya surga.17. Karima, memiliki arti anak perempuan yang mulia dan dermawan.18. Kamila, memiliki arti sempurna, salah satunya terdapat di QS Al Baqarah ayat 196.19. Khalisa, artinya suci, murni, bersih dari dosa, salah satunya muncul di QS Al A’raf ayat 20. Laila, artinya malam hari, biasa digunakan untuk anak perempuan yang lahir di waktu malam.

21. Maisara, artinya orang yang diberi kemudahan, kekuatan, serta kesabaran dalam menjalani kehidupan. Salah satunya muncul di QS. Al Baqarah ayat 280.22. Mubsira, artinya kecerdasan, tercantum dalam QS An Naml ayat 13.23. Maryam, menggambarkan wanita yang berserah diri kepada Allah dan menjadi wanita mulia. 24. Muhita, artinya orang yang sadar kemudian bertaubat. Tercantum dalam QS Al Ankabut ayat 54.25. Mawaddah, artinya perempuan yang penuh kasih sayang, kepedulian, dan harmoni.26. Marzia, artinya ridha Allah.27. Nur, memiliki arti cahaya.28. Nisa, memiliki arti perempuan.29. Naadhira, memiliki arti berbahagia, berseri-seri. Muncul dalam QS Al Qiyamah ayat 75.30. Ilmi, artinya pengetahuan, salah satunya muncul di QS Al Baqarah ayat 47.

(*)

Baca Juga: 117 Inspirasi Arti Nama Bayi Bermakna Kebaikan Terlengkap dari A-Z

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest