Follow Us

Hanya Ibu Kota Kiev yang Bertahan, Rusia Kuasai Seantero Sudut Ukraina Termasuk Rebut Pembangkit Nuklir Chernobyl

Rina Wahyuhidayati - Sabtu, 26 Februari 2022 | 20:11
Tank Rusia memasuki PLTN Chernobyl di Pripyat, Ukraina. Kekhawatiran muncul karena tingkat radiasi dari PLTN meningkat drastis
Twitter

Tank Rusia memasuki PLTN Chernobyl di Pripyat, Ukraina. Kekhawatiran muncul karena tingkat radiasi dari PLTN meningkat drastis

Sosok.ID - Satu demi satu kota di Ukraina jatuh ke tangan militer Rusia sejak Vladimir Putin mendeklarasikan perang pada Rabu (23/2/2022).

Dilaporkan hanya ibu kota Ukraina Kiev (Kyiv) yang masih bertahan.

Sebelumnya, pasukan Rusia bahkan telah berhasil menguasai pembangkit nuklir Chernobyl, sekitar 130 kilometer di utara ibu kota Kiev.

Kota kota lain di Ukraina sudah lebih dulu jatuh ke tangan pasukan Rusia.

Baca Juga: Indonesia Disebut Jadi Kunci Untuk Meredam Perang Rusia-Ukraina, Pernyataan Presiden Jokowi Sampai Jadi Sorotan: Saatnya RI Tampil

Melansir BBC, sumber mengatakan jika pasukan Rusia berencana melumpuhkan Kiev dengan memutuskan aliran listrik dan pasokan makanan.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengakui pasukan agresor Rusia telah merebut lapangan terbang Gostomel di dekat Kiev.

Lapangan terbang Gostomel berada di dekat Bandara Antonov yang berjarak hanya 15-20 mil dari Kiev.

Bandara Antonov sendiri selama ini menjadi pangkalan militer dan pengiriman kargo sipil.

Baca Juga: Dunia Langsung Ketar-ketir, Vladimir Putin Telepon Xi Jinping din Tengah Invasi Rusia di Ukraina, Ini yang Dibahas!

Sumber yang sama juga mengatakan bahwa Rusia akan menobatkan pemimpin pro-Rusia menjadi penguasa baru Ukraina.

Mantan Presiden Yanukovych, yang melarikan diri dari Ukraina setelah revolusi 2014, akan dibawa Rusia kembali ke Kiev sampai pilpres.

Source : BBC

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest