Memilih Merdeka dan Lepas Dari Indonesia, Kini Timor Leste Harus Gigit Jari Gegara Perekonomiannya Jauh Dari RI

(ilustrasi) Memilih Merdeka dan Lepas Dari Indonesia, Kini Timor Leste Harus Gigit Jari Gegara Perekonomiannya Jauh Dari RI Ilustrasi/ Intisari Online
(ilustrasi) Memilih Merdeka dan Lepas Dari Indonesia, Kini Timor Leste Harus Gigit Jari Gegara Perekonomiannya Jauh Dari RI

Sosok.ID - Hubungan Timor Leste memang tak pernah bisa lepas dari Indonesia meski kini telah merdeka sebagai sebuah negara.

Hal itu karena letak Timor Leste sendiri cukup dekat dengan Indonesia, negara kecil tersebut juga pernah menjadi bagian dari RI.

Melansir dari Kompas.com, Timor Leste resmi memerdekakan diri dari Indonesia di tahun 2002 lalu.

13 hari usai peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya pada tanggal 30 Agustus 1999, digelar referendum di Timor Timur.

Baca Juga: Baru Menyesal Setelah Dulu Getol Pisah Dari Indonesia, Timor Leste Nyatanya Akui Hanya Jadi Sapi Perah Negara Ini Setelah Didukung Untuk Merdeka

Provinsi ke-27 Indonesia itu lepas dari negara tercinta ini dan memperoleh status resminya sebagai negara pada 20 Mei 2002.

Dikutip dari Serambinews, sebanyak 94.388 orang atau 21,5 persen penduduk Timor Timur memilih tetap bergabung dengan Indonesia, sedangkan mayoritas 344.580 orang atau 78.5 persen warga Timor Timur memilih merekat.

 

Kemudian mereka yang memilih tetap menjadi bagian dari Indonesia berbondong-bondong mengungsi, menyeberang ke Nusa Tenggara Timur.

Menurut data Sekretariat Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Pengungsi Provinsi NTT tahun 2005, seperti melansir dari CNN Indonesia, tinggal di Kabupaten Belu.

Baca Juga: Diisukan Bakal jadi Negara Bangkrut, Pihak Timor Leste Tanggapi Kabar Rakyatnya Ingin Kembali Gabung dengan Indonesia

PROMOTED CONTENT

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR

Timor Leste jadi sorotan gegara getol merdeka dari Indonesia, kini perekonomian merosot hingga mengaku menyesal