Follow Us

Melawan Covid-19 dengan Virus Corona Baru, Ilmuwan China Ciptakan Marabahaya

Seto Ajinugroho - Rabu, 16 Juni 2021 | 21:05
Xi Jinping
Xinhua

Xi Jinping

Sosok.ID - Tak ada salahnya bila Amerika Serikat (AS) menuding Covid-19 berasal dari China.

Bahkan mantan presiden AS Donald Trump pernah sesumbar jika Covid-19 ialah virus China.

Mungkin kini publik mulai sedikit sadar bila memang Covid-19 merupakan bencana yang tak disengaja ada karena kelalaian sekelompok manusia.

Dikutip Sosok.ID dari AFP, Rabu 16 Juni 2021, Sekelompok ilmuwan China di laboratorium kota Wuhan, dilaporkan pernah melakukan eksperimen menciptakan virus corona hibrida baru. Mereka adalah Dr Shi Zhengli dan rekan-rekannya.

Baca Juga: Bombardir Taiwan, China Luncurkan Serangan Udara Besar-besaran, 28 Pesawat Tempur Termasuk Pelontar Nuklir Masuki Zona Pertahanan Udara

Shi sendiri disinyalir memimpin para ilmuwan untuk memperkuat kekuatan virus Covid-19 (Gain of Function/GOF) untuk mempelajari efeknya.

Laporan New York Times menyebut bila Shi pada 2017 silam melakukan percobaan ini di sebuah laboratorium Wuhan.

Ia mencocokkan bagian dari beberapa virus yang sudah ada, termasuk setidaknya satu yang hampir menular ke manusia, untuk mempelajari kemampuan mereka dalam menginfeksi.

Baca Juga: Besan Syok Bukan Main, Pengantin Pria Ini Jadi Jomblo Lagi di Depan Penghulu, Calon Istri Bulat Batal Nikah Gegara Pertanyaan untuk Anak SD

Namun Shi melalui email membantah akan hal ini.

"Laboratorium saya tidak pernah melakukan atau bekerja sama dalam melakukan eksperimen GOF yang meningkatkan virulensi virus," katanya.

"Bagaimana saya bisa memberi bukti untuk sesuatu yang tidak ada buktinya?" kata Dr Shi Zhengli kepada New York Times.

Baca Juga: Dimakan Paus dan Masih Selamat, Nelayan Lobster Ini Ceritakan Dirinya Loncat ke Air Gelap: Saya Raba, Ada Giginya

Ia membela diri lantaran memang Covid-19 ialah virus 'alami' bukan diciptakan oleh manusia.

. "Saya tidak tahu bagaimana dunia menjadi seperti ini, terus-menerus menyalahkan ilmuwan yang tidak bersalah," bela Shi.(Seto Aji/Sosok.ID)

Source : afp

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest