Follow Us

Biar Tak Kaget, Kenali Fitur Baru Portal SSCASN Pedaftaran CPNS, Dapat Mencegah Terjadinya Tindak Percaloan

Rina Wahyuhidayati - Senin, 24 Mei 2021 | 20:34
Ilustrasi CPNS 2021 - Fitur baru SSCASN
Twitter @heydiko

Ilustrasi CPNS 2021 - Fitur baru SSCASN

Sosok.ID - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2021 diperkirakan akan diumukan pada akhir Mei 2021.

Berdasarkan jadwal yang sudah dirilis, jika tidak ada perubahan, pendaftaran seleksi CPNS 2021 juga akan dimulai akhir Mei ini.

Ketua BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, seleksi CASN kali ini hanya akan menggunakan satu portal pendaftaran yakni Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN, demikian dikutip dari Kompas.com.

Portal tersebut, yakni sscasn.bkn.go.id yang terdiri dari portal CPNS (sscn.bkn.go.id), PPPK (ssp3k.bkn.go.id), dan Sekolah Kedinasan 2021 (dikdin.bkn.go.id).

Adapun SSCASN akan memiliki sejumlah fitur baru, yakni:

Baca Juga: Lulusan SMK Bisa Daftar, CPNS 2021 Dibuka 31 Mei, Berikut Syarat dan Dokumentasi yang Harus Dipenuhi Pelamar PPPK

1. Data sudah terintegrasi

Salah satu fitur baru di portal SSCASN, yakni portal SSCASN sudah terintegrasi dengan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristekdikti) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Portal SSCASN akan terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah dan akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti," ujar Bima dalam keterangan tertulis seperti dikutip Kompas.com, Kamis (25/3/2021).

2. Peserta bisa mengakses seluruh formasi

Bagi peserta seleksi ASN kali ini, peserta bisa mengakses seluruh formasi yang dibuka pemerintah.

Inovasi baru ini berbeda dengan sebelumnya di mana pada portal SSCASN sebelumnya peserta hanya bisa melihat ketersediaan formasi satu per satu di website masing-masing instansi.

Source : Kompas.com

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest