Follow Us

Pencarian 72 Jam, KRI Nanggala-402 Dipastikan Tenggelam, Sejumlah Barang Temuan Jadi Bukti, di Antaranya Ada Alat Sholat Milik ABK

Tata Lugas Nastiti - Sabtu, 24 April 2021 | 17:09
Kapal Selam KRI Nanggala-402
Kompas.com/CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO

Kapal Selam KRI Nanggala-402

Sosok.ID - Hilang kontak sejak Rabu (21/4/2021) status KRI Nanggala-402 dipastikan tenggelam atau subsunk.

Isyarat tenggelamnya kapal selam ini dinyatakan oleh Panglima TNI Hadi Tjahjanto pada konferensi pers, Sabtu (24/4/2021).

Kapal selam yang sempat hilang kontak di perairan utara Bali ini diisyaratkan telah tenggelam setelah 72 jam pencarian.

Baca Juga: 72 Jam Hilang Sejak Menyelam, KRI Nanggala-402 Diduga dalam Posisi Diam Tak Bersuara, KRI Rimau Deteksi Ada Titik Kemagnetan Kuat

"Pagi dini hari tadi merupakan batas akhir live support berupa ketersediaan oksigen di KRI Nanggala selama 72 jam," kata Hadi Tjahjanto seperti yang dikutip Sosok.ID dari tayangan Kompas TV, Sabtu (24/4/2021).

KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam setelah ditemukan sejumlah barang bukti yang menujukkan kapal ke fase subsunk atau tenggelam.

"Unsur-unsur TNI AL telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti otentik menuju fase tenggelamnya KRTI Nanggala" lanjutnya.

Baca Juga: Terdeteksi di Kedalaman 850 Meter, KRI Nanggala 402 Naik Status menjadi Subsank, Sejumlah Barang Ditemukan: Kami Berjuang Keras

Dilansir Sosok.ID dari Kompas.com, adapun barang-barang yang ditemukan berjumlah lima buah.

Mulai dari pelusur tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, botol pelumas periskop, alat sholat milik ABK, dan spon untuk menahan panas pada pressroom.

Dari benda-benda yang ditemukan ini, KSAL Laksamana Yudo Margono mengisyaratkan status KRI Nanggala-402 dari hilang jadi tenggelam.

Baca Juga: Mantan KKM KRI Nanggala-402 Ungkap Kunci Keselamatan Kapal Selam Buatan Jerman Saat Black Out Berada di Tangan Kru: Anak Buah Kapal Selam Harus Hafal Semua Peralatan dan Apa Fungsinya

Source : Kompas.com, Kompas TV

Editor : Tata Lugas Nastiti

Baca Lainnya

Latest