Follow Us

Myanmar Membara, Junta Militer Lakukan Kudeta dan Tangkap Pemimpin Aung San Suu Kyi

Seto Ajinugroho - Senin, 01 Februari 2021 | 18:13
Myanmar Membara, Junta Militer Lakukan Kudeta dan Tangkap Pemimpin Aung San Suu Kyi
@myanmar.tatmadaw

Myanmar Membara, Junta Militer Lakukan Kudeta dan Tangkap Pemimpin Aung San Suu Kyi

Sosok.ID - Myanmar membara.

Pemerintahan sah pimpinan Aung San Suu Kyi dikudeta oleh pihak junta militer.

Kini situasi politik di Myanmar jadi tak pasti dan sepenuhnya militer mengendalikan negara tersebut.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengecam penangkapan pemimpin terpilih Myanmar Aung San Suu Kyi dalam rangkaian kudeta militer yang berlangsung hari ini, Senin (1/2).

Baca Juga: Mertua Tak Hadiri Pernikahannya 7 Tahun Silam, Ayu Ting Ting Blak-blakkan Ngaku Kenal Ayah Mantan Suami Cuma dari Telepon, Tak Direstui?

Saat ini, militer Myanmar telah menyatakan keadaan darurat dan akan berlangsung hingga satu tahun lamanya.

Hari ini, parlemen Myanmar sebenarnya akan melakukan sidang perdana sejak pemilihan umum 8 November 2020 lalu. Pemilu dimenangkan oleh partai yang dipimpin Aung San Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD).

Sayangnya, pihak oposisi, termasuk militer di dalamnya, menolak hasil pemilu tersebut dan menuding ada kecurangan yang masif di baliknya.

Baca Juga: Seakan Putus Urat Malu, Luna Maya Disebut Reino Barack 10 Hari Pasca Putus Masih Nyariin, Terus Merongrong Suami Syahrini soal Ini: Gak Enaklah!

PBB sendiri menilai, kemenangan Suu Kyi dalam pemilu menunjukkan bahwa rakyat Myanmar memang menginginkan reformasi demokrasi.

"Hasil pemilihan umum mencerminkan keinginan yang jelas dari rakyat Myanmar untuk melanjutkan jalan reformasi demokrasi yang dimenangkan dengan susah payah," ungkap pernyataan PBB.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest