Follow Us

UEA Kena Kibul, Usai Berdamai dengan Israel Kini Amerika Blokir Penjualan Senjata ke Abu Dhabi

Seto Ajinugroho - Jumat, 29 Januari 2021 | 10:00
UEA Kena Kibul, Usai Berdamai dengan Israel Kini Amerika Blokir Penjualan Senjata ke Abu Dhabi
Screenshot jpost.com

UEA Kena Kibul, Usai Berdamai dengan Israel Kini Amerika Blokir Penjualan Senjata ke Abu Dhabi

Sosok.ID - UEA tentunya saat ini sedang sakit hati.

Mereka ditipu mentah-mentah Israel dan AS perihal normalisasi hubungan dengan Tel Aviv.

Awalnya AS akan menyuplai senjata kepada UEA bila mau berdamai dengan Israel.

Namun kini janji itu tidak dipenuhi.

Baca Juga: Disetir Rasa Benci sampai Tega Cabik-cabik Perasaan Anak, Ahok Depan Muka Nicholas Sean Ngaku Ogah Nikahi Veronica Tan Jika Balik ke Masa Lalu: Artinya Dia Tak Akan Lahir

Baca Juga: Dulu Jadi Negara Teraman di Dunia dari Covid-19, Kini Kondisi Negara Ini Masih Tak Karuan Meski Hampir Sebagian Besar Rakyatnya Sudah Diberi Vaksin Covid-19

Amerika Serikat (AS) sedang meninjau penjualan senjata ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) yang disahkan mantan Presiden Donald Trump, sebuah langkah yang menurut Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken adalah "tipikal" dari pemerintahan baru.

Dalam jumpa pers pertamanya pada Rabu (27/1), Blinken mengatakan, peninjauan tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa apa yang dipertimbangkan adalah sesuatu yang memajukan tujuan strategis dan memajukan kebijakan luar negeri AS.

The Wall Street Journal pertama kali melaporkan pada Rabu (27/1) bahwa pemerintahan Biden telah memberlakukan pembekuan sementara miliaran dolar dalam penjualan senjata ke kedua negara, termasuk penjualan amunisi berpemandu presisi ke Arab Saudi dan pesawat tempur F-35 ke UEA.

Baca Juga: 9 Hari Lalu Jelas-jelas Sudah Dinyatakan Meninggal Dunia karena Covid-19 dan Dimakamkan, Nenek 85 Tahun Bikin Keluarganya Bergidik Merinding karena Tiba-tiba Pulang ke Rumah

Langkah itu dilakukan satu minggu setelah Biden dilantik. Biden memang telah berjanji untuk "menilai kembali" hubungan AS dengan Arab Saudi.

Sejak menjabat, Biden telah menandatangani serangkaian tindakan eksekutif untuk meninjau atau membalikkan beberapa kebijakan utama Trump.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest