Follow Us

Hina Lagu Indonesia Raya hingga Ubah Lambang Garuda menjadi Gambar Ayam Jago, Kedubes Malaysia Mengutuk Warganya

Rifka Amalia - Senin, 28 Desember 2020 | 14:00
Ilustrasi bendera merah putih.
freepik

Ilustrasi bendera merah putih.

Sosok.ID - Warga Indonesia dikejutkan dengan video penghinaan terhadap lagu Kebangsaan Indonesia yang diunggah dari Malaysia.

Sejak Senin (28/12/2020) pagi, pengguna sosial media Twitter terpantau berupaya menaikkan tagar "Indonesia Raya" dan "Malaysia".

Banyak dari mereka yang menuntut agar Malaysia menyampaikan permintaan maafnya kepada Indonesia.

Diketahui pemerintah Indonesia telah melayangkan protesnya terkait video tersebut melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Baca Juga: Kebencian pada Indonesia bak Sudah Mendarah Daging, Politikus Malaysia Cemooh BJ Habibie Ingin Bubarkan NKRI karena Kasus Timor Leste

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah pada Minggu (27/12/2020), dikutip dari KompasTV.

"KBRI dan Kemlu sudah melakukan komunikasi dengan pemerintah dan otoritas terkait di Malaysia atas kejadian ini," tutur Teuku Faizasyah.

Selanjutnya, ungkap Teuku, pemerintah setempat akan menindak akun berbendera Malaysia yang mengunggah video parodi lagu "Indonesia Raya" tersebut.

Baca Juga: 80% Penduduknya Miskin dan Buta Huruf, Sebenernya Timor Leste Negara Kaya, Malaysia Ungkap Sumber Harta Diluar Minyak yang Harusnya Bisa Diolah Bumi Lorosae

"Pemerintah Malaysia sudah mengambil tindakan atas apa yang Indonesia sampaikan," ujarnya.

Sementara itu, Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta pada hari yang sama telah menyampaikan pernyataan tertulis melalui akun media sosial Facebook.

Pihak Malaysia sedang melakukan penyelidikan atas permasalahan yang meresahkan warga Indonesia tersebut.

Source : Kompas.com, Kompas TV

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest