Follow Us

Memakan Puluhan Korban padahal Cuma Adu Pentungan, Jika Militer Dikerahkan Penuh Bakal Kacau Balau? Seperti Ini Perbandingan Kekuatan Militer China dan India

Khaerunisa - Sabtu, 12 Desember 2020 | 21:35
ilustrasi perbandingan kekuatan militer China dan India
Tribun Pontianak

ilustrasi perbandingan kekuatan militer China dan India

Sosok.ID - Pertempuran antara China dan India beberapa waktu lalu memakan puluhan korban padahal tanpa adu senjata api, sebenarnya seperti apa perbandingan kekuatan militer kedua negara ini?

Pada pertengahan tahun 2020, tentara China dan India Terlibat bentrokan di perbatasan yang disengketakan. India melaporkan 20 orang tewas, dan korban dari pihak China tidak dikonfirmasi.

Itu adalah bentrokan pertama yang dilaporkan memakan korban jiwa sejak terakhir 1975, dan terbilang pertempuran yang cukup besar padahal hanya memakai tongkat dan pentungan.

Tidak dilibatkannya senjata api karena kedua negara terikat perjanjian 1996, yang mana melarang mereka menggunakan senjata dan bahan peledak di dekat perbatasan untuk menghindari konfrontasi yang tidak terkendali.

Baca Juga: Prancis Dapat Lampu Hijau Ciptakan 'Tentara Super' yang Punya Kemampuan Ini, Perbandingan Kekuatan Militer Prancis dan Turki Bakal Makin Jauh?

Sejak bentrokan yang terjadi pada bulan Juni itu, hubungan antara China dan India semakin memburuk.

China dan India telah berlomba-lomba membangun infrastruktur di sepanjang perbatasan yang juga dikenal dengan Line of Actual Control.

Sementara pembangunan jalan baru India menuju pangkalan udara dataran tinggi dipandang sebagai salah satu pemicu utama bentrokan dengan pasukan China yang menewaskan sedikitnya 20 tentara India itu.

Namun, baik China maupun India saling menyalahkan atas situasi yang terjadi.

HALAMAN SELANJUTNYA>>>

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest