Follow Us

Industri Militernya Cukup Mutakhir, Apakah Militer Raksasa Iran Juga Memiliki 'Cakar Super' yang Tak Kalah Luar Biasa?

Muflika Nur Fuaddah - Kamis, 10 Desember 2020 | 11:35
Militer Raksasa Iran
Military Times

Militer Raksasa Iran

Sosok.ID - Salah satu negara paling kuat dan berpengaruh di Timur Tengah tidak diragukan lagi adalah Iran.

Tak heran, Iran mempertahankan pasukan darat yang besar, baik di Angkatan Darat Iran sendiri maupun di Korps Pengawal Revolusi Islam paramiliter.

Panglima Angkatan Bersenjata Iran adalah Pemimpin Tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei.

Seperti banyak negara, ada dua angkatan bersenjata: Tentara Iran, yang setia pada negaranya sendiri, dan IRGC dan milisi Basijnya, yang setia pada rezim dan semangat revolusi.

Baca Juga: Masa Depan Negara Bergantung Kekuatan Ilmiah, Para Siswa di Israel Tercatat Jago Matematika dan Sains, Menteri Pendidikan Yamina Bennet: Investasi Pendidikan

Revolusi Iran 1979 menggulingkan monarki di bawah Syah dan memberlakukan negara revolusioner teokratis.

Penguasa baru Iran, yang skeptis terhadap institusi lama yang secara historis setia kepada Syah, memungkinkan Angkatan Darat untuk bertahan hidup sebagai sebuah organisasi tetapi mengembangkan Korps Pengawal Revolusi Islam sebagai penyeimbang.

Sementara Angkatan Darat akan menjaga perbatasan negara dan bertahan dari ancaman eksternal, IRGC akan menjaga rezim itu sendiri.

Akibatnya, Angkatan Darat secara umum diarahkan ke musuh utama Iran pada saat itu — Irak, Israel, dan Arab Saudi — dan ditempatkan sebagian besar di dekat perbatasan Iran.

Halaman selanjutnya...

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest