Follow Us

Dokumen Rahasia Ini Bocorkan Bagaimana Indonesia Menginvasi Timor Leste Dituduh Gunakan Senjata Militer 'Terlarang' Ini, Namun Amerika dan Australia Pura-Pura Tidak Tahu

Afif Khoirul M - Jumat, 11 Desember 2020 | 15:35
Ilustrasi senjata terlarang Napalm yang digunakan Indonesia di Timor Leste.
The Conversation

Ilustrasi senjata terlarang Napalm yang digunakan Indonesia di Timor Leste.

Sosok.ID - Invasi Indonesia atas Timor Leste memang telah berlalu puluhan tahun lalu.

Namun, banyak cerita yang belum terungkap, termasuk senjata terlarang yang digunakan Indonesia dalam invasi di Timor Leste.

Menurut sebuah dokumen rahasia milik Australia, yang diungkapkan tahun 2015 oleh The Sydney Morning Herald.

Associate Professor Clinton Fernandes dari Australia Defence Force Academy telah menemukan dokumen diplomatik Australia sebelumnya.

Baca Juga: Anak-Anak Kaya Manja di Tiongkok yang Gemar Berpose di Lamborghini Belajar untuk Menghindari Kemarahan Xi Jinping: 'Wow, Saya Tidak Tahu Saya Sekaya Ini'

Dokumen ini dirahasiakan yang mempertanyakan penolakan berulang Indonesia yang digunakan untuk membumihanguskan Timor Leste 29 tahun lalu.

Penemuan ini merupakan terobosan dalam penelitian jangka panjang Dr Fernandes untuk mengetahui sejauh mana pemerintah Australia mengetahui tindakan Indonesia.

Salah satunya terungkap dalam dokumen di National of Archives of Australia, tertanggal September 1983 dari Konsul Australia di Bali, Malcom Mann, kepada Dennis Richardson.

Kemudian konselor di Kedutaan Besar Australia di Jakarta, melaporkan percakapan dengan Amerika Serikat, di Surabaya, Jay McNaughton.

Halaman Selanjutnya............

Source : Intisari Online

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest