Follow Us

Pantas Saja Meski Banyak Petani, Timor Leste Tetap Saja Mudah Mengalami Kelaparan dan Kekurangan Pangan, Terungkap Ternyata Beginilah Mirisnya Kondisi Pertanian Timor Leste

Afif Khoirul M - Minggu, 06 Desember 2020 | 19:35
Pedagang aksesoris di Market Tais, di Timor Leste, Dili.
Stefanus Akim/Tribun

Pedagang aksesoris di Market Tais, di Timor Leste, Dili.

Sosok.ID - Tahun 2015, Asia Sentinel pernah mencatatkan bagaimana kondisi Rakyat Timor Leste yang dilanda kesulitan pangan.

Bendita Ramos, seorang warga Timor Leste yang kelaparan meringis di rumahnya mengatakan.

"Jagung yang kami tanam telah rusak karena kemarau panjang, dan hujan deras," kata ibu lima anak itu.

Kemudian dia berjalan ke sebuah bukit, yang berselimut kabut untuk memanen kacang pahit, kacang polong beracun yang direbus tujuh hinggga 8 kali sebelum dimakan.

Baca Juga: Buktikan Kediktatorannya Agar Warganya yang Ngeyel Bisa Diatur, Kim Jong Un Tembak Mati Warga yang Melanggar Protokol Kesehatan di Depan Umum, ‘Biar Jera’

Ini hanyalah sedikit cerita dari sulitnya mencari makanan di Timor Leste, faktanya negara kecil itu terus diterpa dengan isu kemiskinan dan kelaparan.

Negara itu sebenarnya kaya dengan minyak bumi, dana perminyakan mereka mampu melindungi rakyatnya dari kelaparan tahun 2006.

Pembangunan infrastruktur yang terus ditingkatkan, oleh pahlawan kemerdekaan Xanana Gusmao ketika menjabat sebagai perdana menteri.

Hingga menjanjikan kesejahteraan pada rakyatnya jika mega proyek yang mereka gaungkan berhasil memberikan pendapatan minyak berlipat pada negara kecil itu.

Halaman Selanjutnya..............

Source : Intisari Online

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest