Follow Us

Xi Jinping Tepuk Dada, China Diklaim Jadi Poros Perdagangan Dunia

Seto Ajinugroho - Sabtu, 21 November 2020 | 07:13
Xi Jinping Tepuk Dada, China Diklaim Jadi Poros Perdagangan Dunia
Xinhua

Xi Jinping Tepuk Dada, China Diklaim Jadi Poros Perdagangan Dunia

Sosok.ID - China sedang menikmati kemajuan ekonomi dan militernya yang sangat pesat.

Bahkan di saat negara lainnya mengalami kemunduran, China melaju sendirian.

Dengan modal perekonomian raksasanya, China mampu membuat berbagai macam program serta proyek militer jangka panjang untuk menyaingi Amerika Serikat (AS).

Bahkan Rusia sudah dilampaui China menyoal perkembangan militer.

Baca Juga: Jempol Kompak Kebablasan Bareng, Ashanty dan Anang Hermansyah Tak Sadar Mesra-mesraan di Grup Chat Karyawan, Obrolan Bucinnya Tersebar ke Mana-mana

Presiden China Xi Jinping menyatakan negaranya sebagai titik poros untuk perdagangan bebas global pada Kamis (19/11/2020). Dia berjanji untuk menjaga ekonomi China yang "berukuran super" untuk tetap terbuka dan memperingatkan terhadap aksi proteksionisme dalam ekonomi global yang dihancurkan oleh pandemi Covid-19.

Melansir Channelnewsasia, Xi mengatakan Asia-Pasifik adalah "cikal bakal pendorong pertumbuhan global" di dunia yang dilanda "berbagai tantangan" termasuk virus corona.

"Kami selanjutnya akan mengurangi tarif dan biaya kelembagaan ... dan memperluas impor produk dan layanan berkualitas tinggi dari semua negara," kata Xi dalam pidato utama yang disampaikan melalui video seperti yang dikutip Channelnewsasia.

Forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), yang diadakan secara online tahun ini karena pandemi virus corona, mempertemukan 21 negara Lingkar Pasifik termasuk dua ekonomi terbesar dunia, menyumbang sekitar 60% dari PDB global.

Belum jelas apakah Trump, akan mengambil bagian dalam KTT atau mengirim delegasi tingkat tinggi untuk menggantikannya.

Dalam pidatonya yang menggembar-gemborkan "ketahanan dan vitalitas" ekonomi China setelah bangkit kembali dari virus corona, Xi memperingatkan negara-negara yang bersikeras pada hambatan perdagangan akan menderita oleh luka yang ditimbulkan sendiri.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest