Follow Us

Dulu Bermusuhan, Kini CIA dan Agen Rahasia Israel Kerja Sama untuk Bunuh Orang Nomor 2 Al-Qaeda, Kronologi Pembunuhannya Benar-benar Mematikan

Mentari DP - Jumat, 20 November 2020 | 07:35
Kelompok terorisme, Al-Qaeda.
tribunnews.com

Kelompok terorisme, Al-Qaeda.

Sosok.ID – Dulu Amerika Serikat (AS) dan Israel bermusuhan.

Namun pada tahun 2020 ini, Presiden AS Donald Trump berhasil menjalin kerja sama dengan pemerintah Israel.

Salah satunya berhasil bekerja sama untuk melacak dan membunuh seorang anggota senior Al-Qaeda di Iran awal tahun ini.

Operasi intelijen yang berani oleh dua negara sekutu yang datang ketika pemerintahan Trump meningkatkan tekanan pada Teheran.

Baca Juga: Niat Gulingkan Taliban dan Al-Qaeda, AS Serang Afghanistan Habis-habisan Selama 19 Tahun Lamanya, Tercatat Gelontorkan Uang Segini Banyak Sebelum Trump Tarik Pasukan AS, 'Lebih dari Ratusan Triliun'

Dilansir dari apnews.com pada Kamis (19/11/2020), empat pejabat saat ini dan mantan pejabat AS mengatakan Abu Mohammed al-Masri, orang nomor 2 Al-Qaeda, dibunuh oleh para pembunuh di ibu kota Iran pada bulan Agustus.

AS memberikan informasi intelijen kepada Israel di mana mereka dapat menemukan al-Masri dan alias yang dia gunakan saat itu.

Sementara agen Israel melakukan pembunuhan, menurut dua pejabat.

Dua pejabat lainnya mengkonfirmasi pembunuhan al-Masri tetapi tidak dapat memberikan rincian spesifik.

Al-Masri ditembak mati di sebuah gang Teheran pada 7 Agustus, pada peringatan pemboman kedutaan AS tahun 1998 di Nairobi, Kenya, dan Dar es Salaam, Tanzania.

Al-Masri secara luas diyakini telah berpartisipasi dalam perencanaan serangan tersebut dan dicari atas tuduhan terorisme oleh FBI.

Halaman selanjutnya…

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest