Follow Us

Niat Gulingkan Taliban dan Al-Qaeda, AS Serang Afghanistan Habis-habisan Selama 19 Tahun Lamanya, Tercatat Gelontorkan Uang Segini Banyak Sebelum Trump Tarik Pasukan AS, 'Lebih dari Ratusan Triliun'

Mentari DP - Kamis, 19 November 2020 | 13:35
Militer AS.
National Interest

Militer AS.

Sosok.ID – Donald Trump sudah dipastikan kalah dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat (Pilpres AS) 2020.

Joe Biden akan menggantikannya sebagai Presiden AS mulai tahun 2021.

Namun pada awal tahun 2020 kemarin, Trump sempat mengatakan bahwa dia ingin membawa pulang tentara dari perang terlama ke AS.

Jika benar, maka berapa banyak yang telah dihabiskan AS di Afghanistan sejak perang dimulai.

Baca Juga: Bikin Musuh Lari Berbirit-birit, Inilah Pasukan Elite dengan Tampilan Paling Menyeramkan di Dunia, Kopaska TNI AL Nomor 4, Dapat Julukan 'Pasukan dari Neraka'!

Dilansir dari bbc.com pada Kamis (19/11/2020), AS menginvasi Afghanistan pada Oktober 2001 untuk menggulingkan Taliban, yang mereka katakan menyembunyikan Osama bin Laden dan tokoh-tokoh Al-Qaeda lain yang terkait dengan serangan 9/11.

Jumlah pasukan AS di Afghanistan bertambah ketika Washington menggelontorkan miliaran dolar untuk memerangi pemberontakan Taliban dan mendanai rekonstruksi.

Antara 2010 hingga 2012, dilaporkan AS mengirim lebih dari 100.000 tentara di negara itu.

Oleh karenanya, biaya perang meningkat menjadi hampir 100 miliar US Dollar setahun, menurut angka pemerintah AS.

Ketika militer AS mengalihkan fokusnya dari operasi ofensif dan lebih berkonsentrasi pada pelatihan pasukan Afghanistan, biaya turun tajam.

Halaman selanjutnya…

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest