Follow Us

Data-Data Ini Buktikan Betapa Miskinnya Timor Leste Walaupun Sudah Merdeka 18 Tahun, Badan Anti-Korupsinya Saja Tak Punya Kuasa Hukum

Maymunah Nasution - Senin, 09 November 2020 | 09:35
ilustrasi kemiskinan di Timor Leste
Freepik

ilustrasi kemiskinan di Timor Leste

Sosok.ID - Aspek utama dalam membicarakan ekonomi salah satunya adalah kebebasan ekonomi suatu negara.

Kebebasan ekonomi adalah hak dasar dari semua manusia untuk mengatur caranya bekerja dan properti yang ia miliki.

Kebanyakan di komunitas dengan perekonomian yang bebas, masing-masing individu bebas untuk bekerja, menciptakan sesuatu, mengkonsumsi apa yang ia mau dan berinvestasi sebagaimana yang mereka mau.

Baca Juga: Dari Jadikan Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel dan Biarkan Pencaplokan Tepi Barat, Inilah Taipan Yahudi yang Selama Ini Kendalikan Kebijakan Trump di Timur Tengah

Pada negara dengan perekonomian yang bebas pemerintah juga memperbolehkan para buruh, pemilik perusahaan dan hasil produksi untuk bergerak secara bebas.

Melansir analisis ekonomi yang dilakukan situs organisasi heritage.org, ada 5 grup yang membedakan masing-masing negara atas kebebasan ekonominya.

Grup tersebut antara lain kelompok ekonomi bebas, sebagian besar bebas, rata-rata bebas, sebagian besar tidak bebas, serta tertekan.

Kelompok negara yang ekonominya tergolong bebas antara lain menurut heritage.org Singapura, Hong Kong, Selandia Baru, Australia, Swiss dan Irlandia.

Sementara di deretan negara dengan ekonomi tertekan ada Korea utara, Timor Leste, Venezuela, dan 16 negara lainnya.

Timor Leste...

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest