Follow Us

Jin Sudah Keluar dari Botol dengan Senjatanya, Para Pemimpin Israel pun Gelisah Superioritas Militernya Terganggu, Ada Apa?

Muflika Nur Fuaddah - Sabtu, 07 November 2020 | 19:35
Ilustrasi militer Israel
Times of Israel

Ilustrasi militer Israel

Sosok.ID - Kesepakatan yang ditengahi oleh Trump pada bulan Agustus membuat UEA menjadi hanya negara Arab ketiga dan negara Teluk pertama yang menormalkan hubungan dengan Israel.

Bagi Israel, ini menandai kemajuan bersejarah dalam mendapatkan penerimaan regional, serta mata rantai perdagangan baru yang penting. Bagi UEA, itu berarti kemajuan ekonomi dan akses ke keamanan kawasan dan kekuatan siber.

Palestina dengan sengit menentang langkah tersebut, melihatnya sebagai pengkhianatan solidaritas Arab atas harapan mereka untuk menjadi negara bagian.

Dan masalah lain diangkat pada saat yang bersamaan.

Baca Juga: Cinta Mati Dengan Donald Trump, Warga AS Sampai Turun ke Jalan Bawa Senjata Api Mengancam Kantor Pusat Perhitungan Suara Pilpres AS, Suasana Berubah Mencekam

Menteri Negara Urusan Luar Negeri UEA, Anwar Gargash, mengatakan kesepakatan damai itu harus menghilangkan "rintangan apa pun" terhadap pembelian F-35 dari Amerika, sementara menegaskan permintaan itu "tidak terkait" dengan kesepakatan itu sendiri.

Pejabat UEA menunjukkan tidak ada elemen militer dalam perjanjian dengan Israel .

Nada Washington tentang potensi pembelian F-35 juga menghangat.

Presiden Trump mengakui permintaan Emirat, dengan mengatakan itu "sedang ditinjau", sementara menantu dan penasihat seniornya Jared Kushner - yang telah mengunjungi ibu kota Teluk Arab mencoba untuk menggalang dukungan untuk kebijakan Timur Tengah presiden - mengatakan kesepakatan itu meningkatkan peluang sukses mereka.

Halaman selanjutnya...

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest