Follow Us

Meski Lebih Kuat Amerika, Ternyata Caranya dekati Indonesia Lebih Elegan China, Amerika Lebih Suka Gunakan Otot Sementara China Cerdas Gunakan Otak, Begini Penjelasannya

Afif Khoirul M - Selasa, 03 November 2020 | 15:35
Foto tangkapan layar Donald Trump dan Xi Jinping berjabat tangan.
Tangkapan Layar/Google Images

Foto tangkapan layar Donald Trump dan Xi Jinping berjabat tangan.

Sosok.ID - Sebagai negara terbesar di Asia Tenggara dan lokasinya dekat dengan Laut China Selatan, Indonesia dipandang sebagai mitra penting.

Baik Amerika dan China kedua negara ini telah mendekati China, untuk mendapatkan hubungan sebagai mitra dan sekutu.

Namun, Indonesia menegaskan bahwa mereka akan tetap menjadi pihak netral dan tidak akan berpihak pada China atau Amerika.

Sementara itu, belakangan menteri pertahanan Amerika Mike Pompeo juga dikabarkan mengunjungi Indonesia.

Baca Juga: Berjalan di Atas Bom Asap dan Api hingga Minum Darah Kobra, Pelatihan Militer Super Gila di Dunia ini Mengharuskan Prajuritnya Laiknya Manusia Super

Menurut Japantimes, hal itu merupakan kampanye Washington, dalam menentang pembangunan pulau oleh China di Laut China Selatan.

Selain itu, Amerika bertujuan untuk memperluas pengaruhnya di wilayah tersebut, bagian dari persaingan global yang meningkat dilakukan oleh China.

Di sisi lain, China sudah menjadi investor dan mitra dagang terbesar di kawasan tersebut, dan menerima tawaran vaksin dari China.

Amerika sendiri mempunya kepentingan menentang China, militerisasi di Laut China Selatan, yang disengketan dengan Vietnam, Filipina, Brunei, dan Malaysia.

Halaman Selanjutnya................

Source : Intisari Online

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest