Follow Us

Tahu Rahasia Keluarga Kim Jong-un, Alasan Korea Utara Tak Mau Kembalikan Gadis Jepang Korban Penculikan Megumi Yokota Dibongkar Mantan Agen Rahasia Korut Ini

Khaerunisa - Minggu, 01 November 2020 | 07:35
Kim Hyon-hui, ketika bertemu dengan orangtua Megumi Yokota
Japan Forward

Kim Hyon-hui, ketika bertemu dengan orangtua Megumi Yokota

Sosok.ID - Megumi Yokota, menjadi satu diantara warga Jepang korban penculikan yang dilakukan Korea Utara antara tahun 1970-an dan 1980-an, masa pemerintahan kakek Kim Jong-un, Kim Il-sung.

Ia menjadi simbol penderitaan warga Jepang atas peristiwa memilukan itu, yang bahkan hingga Kim Jong-un berkuasa masalah ini tidak terselesaikan.

Gadis Jepang yang hilang tanpa jejak pada tahun 1977 ini tidak diketahui keberadaannya selama berpuluh-puluh tahun, menyisakan luka bagi keluarga yang ditinggalkan.

Penderitaan keluarga Megumi bertambah ketika pada 2002, saat Korea Utara dipimpin ayah Kim Jong-un, Kim Jong-il, mengklaim bahwa gadis yang hilang saat berusia 13 tahun itu telah meninggal karena bunuh diri.

Baca Juga: Saat Istri Kim Jong-un Tak Kelihatan 'Batang Hidungnya', Mantan Kekasih Sang Diktator Korut Ini Justru Diduga Rebut Kekuasaan Adik Kim Jong-un Gara-gara Penampilannya Ini

Namun, keluarga Megumi tidak mempercayainya, karena tidak ada buktiyang menunjukkan itu, termasuk jenazah putri mereka.

Jepang sendiri mengidentifikasi 17 penculikan warganya oleh agen Korea Utara antara tahun tersebut.

Sementara Korea Utara hanya mengakui 13 kasus, itu pun diakui setelah beberapa dekade membantah keterlibatannya atas peristiwa tersebut.

Bahkan, mengutip The National Committe on North Korea, organisasi Jepang yang terlibat dengan masalah ini memperkirakan bahwa jumlah totalnya mendekati 100, meski angka pastinya tidak diketahui.

HALAMAN SELANJUTNYA>>>

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest