Follow Us

Susah Payah Bangun Ekonominya selama Dua Dekade Merdeka, Jejak 'Bumi Hangus' Milisi Pro-Jakarta yang 'Dibekingi' Militer Indonesia Bikin Uang Minyak Timor Leste Terus Menguap Tak Berjejak

Khaerunisa - Minggu, 25 Oktober 2020 | 09:35
(ilustrasi) Timor Leste
Freepik

(ilustrasi) Timor Leste

Sosok.ID - Kegigihan warga Timor Leste untuk melepaskan diri dari Indonesia terbayar dengan diselenggarakannya referendum tahun 1999.

Kesempatan tak disia-siakan warga Timor Leste yang menginginkan kemerdekaan, hingga hasil referendum menunjukkan bahwa wilayah yang saat itu bernama Timor Timor tersebut akan mendapat kemerdekaannya.

Namun, itu hanya awal dari perjuangan Timor Leste selanjutnya untuk membangun sebuah negara.

Dua dekade kemudian, Timor Leste masih susah payah membangun di sana-sini untuk menjadi negara mandiri.

Baca Juga: Berlawanan dengan Keluarga Sendiri, Inilah Kisah Muhajir, Pengungsi Timor Leste yang Sudah Puluhan Tahun Hidup di Indonesia: 'Mereka Pilih Merdeka Saya Ingin Bergabung dengan Indonesia'

Melewati berbagai masa krisis, kemajuan ditunjukkan Timor Leste dalam mencapai perdamaian dan stabilitasnya.

Juga membangun lembaga demokrasi, memperluas layanan publik hingga menjangkau daerah pedesaan dan terpencil, serta meningkatkan infrastruktur dasar seperti listrik, jalan, dan fasilitas lainnya.

Namun, Timor Leste masih menghadapi banyak tantangan. Salah satunyaadalah membangun fondasi pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Rupanya, sisa-sisa 'bumi hangus' milisi pro-integrasi atau pro-Jakarta usai referendum kemerdekaan menjadi salah satu yang membuat Timor Lestesibuk, menghambat fokusnya dalam hal lain. Bagaimana bisa?

HALAMAN SELANJUTNYA>>>

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest