Follow Us

Menilik Bagaimana Negara Kaya Minyak Timor Leste Bisa Jatuh Miskin, Proyek Mega Besar Usulan Xanana Gusmao yang Dilaksanakan untuk Penuhi Egonya Ini yang Buat Rakyatnya Kelaparan

Maymunah Nasution - Minggu, 25 Oktober 2020 | 05:35
Berliku, Xanana Gusmao, dan veteran Timor Leste lainnya.
Aljazeera

Berliku, Xanana Gusmao, dan veteran Timor Leste lainnya.

Sosok.ID - Banyak orang penasaran, apa yang terjadi dengan Timor Leste?

Seorang jurnalis lepas, Ian Lloyd Neubauer menceritakan pengalamannya bekerja di Timor Leste.

Ia menggambarkan Timor Leste seperti Bali sebelum turisme meledak.

Baca Juga: Semakin Ke Sini Kebijakannya Semakin Mencekik Palestina, Rupanya Ada 'Orang Dalam' Pengaruhi Keputusan Benjamin Netanyahu, Rupanya Semua Karena Polah Anaknya, Perusahaan Manapun Sampai Tak Mau Merekrutnya Jadi Pegawai

Mengutip Nikkei Asia, ia menyebut Timor Leste adalah negara muda yang penuh harapan, setidaknya saat ia sampai di negara itu sebagai koresponden pada 2009 silam.

Kekerasan yang terjadi pada 2006-2008 telah berakhir dan 100 ribu pengungsi telah ditempatkan kembali ke rumah mereka.

Sejak itu perdamaian tercapai di Timor Leste, yang menjadi momen bersejarah untuk negara yang terkenal karena penjajahan kolonial yang brutal dan perang sipil yang memecah pulau itu selama 3 abad.

Setelah warga Timor Leste menginginkan kemerdekaan dari Indonesia dalam referendum tahun 1999, negara mereka dihancurkan oleh militan Indonesia.

Timor Leste segera mendapat bantuan dari komunitas internasional, dan warga antusias membangun negara mereka dari puing-puing keruntuhan meeka.

Namun apa yang kemudian terjadi?

Halaman Selanjutnya

Source : Asia Nikkei

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest