Follow Us

Termasuk Biang Keladi Remuknya Ekonomi Indonesia, Terkuak Inilah Daftar Campur Tangan Bank Dunia dalam Pemerintahan Indonesia yang Menyebabkan Hancurnya Indonesia

Afif Khoirul M - Minggu, 11 Oktober 2020 | 13:35
tragedi demonstrasi mahasiswa 1998

tragedi demonstrasi mahasiswa 1998

Sosok.ID - Tahun 2020 ini Bank Dunia (WB) dan IMF berusia 76 tahun, kedua lembaga keuangan Internasional (IFI) ini didirikan tahun 1944.

Didominasi oleh AS dan beberapa kekuatan besar sekutu yang bekerja untuk meregeneralisasi kebijakan yang bertentangan dengan kepentingan populasi dunia.

Bank Dunia dan IMF secara sistematis memberikan pinjaman kepada negara-negara sebagai cara untuk mempengaruhi kebijakan mereka.

Hutang luar negeri yang terus digunakan sebagai instrumen untuk menundukkan peminjam.

Baca Juga: Tak Hanya Kirim Bantuan ke Azerbaijan Untuk Serang Armenia, Tiba-tiba Presiden Erdogan Perintahkan Pasukan Militer Turki Menyerbu Qatar, Apa Alasannya?

Sejak pembentukannya, IMF dan Bank Dunia telah melanggar pakta internasional tentang hak asasi manusia termasuk mendukung kediktatoran.

Sementara itu, seperti dikutip dari cadtm.org, secara simbolik, Bank Dunia dan IMF ternyata telah banyak melakukan campur tangan di Indonesia.

Mulai dari pencaplokan Timor-timur, pengembangan megaproyek, perpindahan penduduk secara besar-besaran.

Hingga perampasan sumber daya alam untuk keuntungan perusahaan transasional dan agresi terhadap penduduk asli, berikut di antaranya:

Halaman Selanjutnya..............

Source : Intisari Online

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest