Follow Us

Merasa Dikhianati Negara Usai Mati-Matian Perjuangkan Kemerdekaan, Rakyat Timor Leste Bongkar Borok Pemerintahnya Sendiri, 'Kami Ditinggalkan Pemerintah, Merek Mengkhianati Kami'

Afif Khoirul M - Sabtu, 10 Oktober 2020 | 07:35
Kolase Xanana Gusmao dan bendera Timor Leste.
Kolase/Timor Lests Flag/Pos Kupang

Kolase Xanana Gusmao dan bendera Timor Leste.

Sosok.ID - Timor Leste negara bekas wailayah Indonesia ini memang selalu menyimpan kabar manarik.

Salah satunya adalah kondisi ekonominya yang mengalami pasang surut, dan diyakini belum berkembang sejak ditinggalkan Indonesia.

Hingga kini sudah 18 tahun negara itu merdeka sejak referendum PBB tahun 2002.

Berdiri sebagai negara kecil, Timor Leste sebenarnya diberkahi dengan kekayaan alam luar biasa salah satunya adalah minyak bumi.

Baca Juga: Siap Serang Kapal China, India Uji Coba Rudal yang Mampu Bawa Torpedo dengan Jarak Serangan Capai 643 km Jauhnya, Amerika dan Rusia Bahkan Tak Punya!

Namun, meski menyimpan minyak dalam jumlah besar, Timor Leste dikawatirkan akan mengalami keruntuhan ekonomi.

Melansir News Hub, cadangan minyak bumi dan gas utama Timor Lesta hampir habis dan pemerintah negara itu terus melakukan pemborosan.

Pemerintah Timor Leste memompa tabungannya dalam skema infratruktur besar yang menurut para kritikus hal itu sangat boros.

Seorang wartawan dari New Zealand, yang bekerja sama dengan Asia New Zealand Foundation Caitin McGee, pernah melakukan penyelidikan ke Ibu Kota Dili, Timor Leste tahun 2017.

Halaman Selanjutnya.................

Source : Intisari Online

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest