Follow Us

Amerika Tempatkan Militernya di Mediterania Timur, Rusia Meradang Siap Perang

Seto Ajinugroho - Jumat, 02 Oktober 2020 | 21:13
Amerika Tempatkan Militernya di Mediterania, Rusia Meradang Siap Perang
Sputnik

Amerika Tempatkan Militernya di Mediterania, Rusia Meradang Siap Perang

Sosok.ID - Rusia dengan kekuatan udara, laut dan daratnya menyatakan kesiapan berperang dengan siapapun.

Terlebih jika wilayah kedaulatan Rusia terancam oleh asing.

Maka Moskow selalu bersiap siaga menyambut situasi terburuk.

Seperti penempatan pasukan Amerika Serikat (AS) di Mediterania Timur yang membuat Rusia siaga tingkat tinggi.

Baca Juga: China Jangan Jumawa, Kalau Mau India Bisa Luluh Lantahkan Negeri Panda, 520 Kg Plutonium Siap Gempur Beijing Seketika

Rusia menaruh perhatian dengan rencana Amerika Serikat (AS) untuk meningkatkan kehadiran militernya di kawasan Mediterania Timur, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan kepada wartawan, Kamis (1/10).

"Kami menaruh perhatian dengan rencana Washington untuk meningkatkan pasukan militernya di Mediterania Timur, karena (rencana itu) jelas memiliki sifat anti-Rusia, mencerminkan kebijakan agresif Amerika Serikat, dan, secara umum, bertentangan dengan mempromosikan perdamaian dan keamanan di wilayah ini," katanya seperti dikutip kantor berita TASS.

Tujuannya, untuk meningkatkan investasi dan mendorong pengembangan dialog strategis antara kedua negara. Pompeo juga mengunjungi pangkalan militer AS di Teluk Souda di Kreta, Yunani.

Pada 5 Oktober 2019, Yunani dan AS sepakat untuk mengubah perjanjian sebelumnya tentang kerjasama pertahanan, yang ditandatangani tahun 1990 silam.

Baca Juga: Emosi ke Ubun-ubun sang Anak Bebal Diajari Soal Matematika Berkali-kali, Wanita Ini Nyaris Tewas Kena Serangan Jantung

Menurut dokumen tersebut, militer AS akan memperkuat Pangkalan Angkatan Laut di Souda Bay, menggunakan Pangkalan Udara Larissa di Stefanovikio, dan Pelabuhan Alexandroupoli di Timur Laut Yunani.(*)

Artikel ini pernah tayang di Kontan dengan judul "Rusia: Rencana AS meningkatkan pasukan di Mediterania Timur jelas anti-Rusia"

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest