Follow Us

Ketakutan Usai Dikeroyok Banyak Negara, Xi Jinping Tegaskan China Tak Ingin Berperang

Seto Ajinugroho - Rabu, 23 September 2020 | 18:13
Ketakutan Usai Dikeroyok Banyak Negara, Xi Jinping Tegaskan China Tak Ingin Berperang
Xinhua

Ketakutan Usai Dikeroyok Banyak Negara, Xi Jinping Tegaskan China Tak Ingin Berperang

Sosok.ID - Bermasalah dengan berbagai negara membuat China sadar diri.

Sadar diri jika kekuatan militer mereka tak mungkin sanggup meladeni konflik bersenjata dengan banyak negara.

Hal inilah yang membuat China mendadak 'jiper' menyambut perang.

Presiden Xi Jinping menegaskan di hadapan Majelis Umum PBB, China "tidak berniat untuk berperang, baik dalam Perang Dingin ataupun perang panas dengan negara mana pun".

Baca Juga: Pemerintah Kebangetan! Pria Tua Dibiarkan Gali Kanal Air 30 Tahun dengan Perkakas Tangan, Separuh Hidupnya Direlakan agar Desa Tak Kekeringan

"Kami akan terus mempersempit perbedaan dan menyelesaikan perselisihan dengan orang lain melalui dialog dan negosiasi," katanya dalam pernyataan video yang direkam sebelumnya, Selasa (22/9).

Ketegangan yang telah lama membara antara Amerika Serikat (AS) dan China mencapai titik didih terkait pandemi virus corona, menyoroti upaya Beijing untuk mendapatkan pengaruh multilateral yang lebih besar sebagai tantangan bagi kepemimpinan tradisional Washington.

Virus corona muncul di China akhir tahun lalu dan Washington menuduh Beijing kurang transparansi yang AS katakan memperburuk wabah. China membantah pernyataan AS tersebut.

Baca Juga: Ogah Anaknya Diduakan, Seorang Mertua Nekat Habisi Menantunya di Warung Kopi, Begini Kronologinya!

Upaya untuk mempolitisasi masalah

Dalam apa yang tampaknya merupakan teguran bagi Presiden AS Donald Trump, Xi menyerukan respons global terhadap virus corona dan memberi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) peran utama.

"Menghadapi virus ini, kita harus meningkatkan solidaritas dan melalui ini bersama-sama. Kita harus mengikuti panduan sains, memberikan peran penuh pada peran utama Organisasi Kesehatan Dunia," kata Xi.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest