Follow Us

Pandemi Covid-19 Seolah Tak Ada Apa-apanya, Tahun 2050 Bumi Diprediksi Bakal Alami Musibah yang Buat 1 Miliar Penduduknya Terpaksa Mengungsi

Dwi Nur Mashitoh - Minggu, 13 September 2020 | 08:13
Ilustrasi kekeringan
Pixabay

Ilustrasi kekeringan

Sosok.ID - Saat ini warga dunia tengah dibuat kelimpungan oleh pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan akan berakhir.

Perekonomian dunia pun hancur karena virus yang pertama kali dilaporkan di Wuhan, China itu.

Namun, pandemi virus corona seolah tak ada apa-apanya dibandingkan bencana yang akan menimpa penduduk bumi di masa depan ini.

Sebuah analis baru tentang ancaman ekologi global menyebut lebih dari 1 miliar manusia terancam harus mengungsi pada tahun 2050 nanti.

Baca Juga: Bukan Seperangkat Alat Salat Apalagi Sandal Jepit, Pria Ini Sukses Nikahi Kekasihnya Pakai Mahar 2.300 Lembar Saham

Hal ini didorong oleh pertumbuhan populasi yang cepat, kurangnya akses ke makanan dan air, serta meningkatnya paparan bencana alam yang harus dihadapi manusia.

Institute for Economics and Peace (IEP) yang menyusun indeks terorisme dan perdamaian tahunan berlabel Ecological Threat Register menggunakan data dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dan sumber lain untuk menilai delapan ancaman ekologi.

Mereka juga memprediksi negara dan wilayah mana yang paling banyak terpapar risiko.

Dengan perkiraan populasi dunia akan meningkat menjadi hampir 10 miliar pada tahun 2050 dan meningkatnya perebutan sumber daya yang memicu konflik, penelitian menunjukkan sebanyak 1,2 miliar orang yang tinggal di daerah rentan di sub-Sahara Afrika, Asia Tengah dan Timur Tengah mungkin saja dipaksa untuk bermigrasi pada tahun 2050.

Baca Juga: Bikin Elus Dada, Demi Mahar Rp 125 Juta, Bocah 10 Tahun Dinikahkan dengan Sepupunya Sendiri yang Berusia 22 Tahun

Sebagai perbandingan, laporan tersebut mencatat faktor ekologi dan konflik menyebabkan pengungsian sekitar 30 juta orang pada 2019.

“Ini akan memiliki dampak sosial dan politik yang besar, tidak hanya di negara berkembang, tetapi juga di negara maju, karena perpindahan massal akan menyebabkan arus pengungsi yang lebih besar ke negara-negara paling maju,” kata Steve Killelea, pendiri IEP.

Source : Kontan.co.id

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest