Follow Us

Bikin Australia Makin Ketar-ketir, Timor Leste Lebih Memilih Percayakan Proyek Besar Ini Pada China, Padahal Sudah Lama Australia Menginginkannya

Afif Khoirul M - Jumat, 11 September 2020 | 09:35
Ilustrasi Timor Leste
via Kompas.com

Ilustrasi Timor Leste

Sosok.ID - Bukan rahasia lagi, jika Australia memang sangat menginginkan kekayaan alam di Timor Leste.

Menurut The Strategist, kemerdekaan Timor Leste tak lepas dari capur tangan Australia, dam setelah mereka Timor Leste terus didekati oleh Australia.

Salah satu yang sangat diinginkan adalah, batas laut yang kaya akan sumber minyak, yang telah lama diambil oleh negeri kangguru tersebut.

Dengan lepasnya Timor Leste dari Indonesia, akan membuatnya semakin mengandalikan ladang minyak tersebut.

Baca Juga: Punya 500 Istri Setiap Malam Berhubungan Intim Selama 32 Tahun, Inilah Raja Moulay Ismail, Raja dengan Istri Terbayak di Dunia, Jumlah Anaknya Sungguh Tidak Masuk Akal

Namun, tampaknya hubungan Australia mulai renggang dari Timor Leste, karena mereka belakangan lebih memilih untuk meminta bantuan ke China.

Mantan Perdana Menteri Timor Leste, Mari Alkatiri yang merupakan salah satu tokoh kunci mereka menyambut baik investasi dari China.

Menukil The Sydney Morning Herald dan The Age, ada rencana dari pemerintah untuk mengembangkan proyek minyak dan gas Greater Sunrise, sebagai bagian dari proyek Tasi Mane.

Untuk menggarap proyek besar itu, Timor Leste ternyata lebih memilih China ketimbang Australia.

Baca Selengkapnya

Source : Intisari Online

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest