Follow Us

Rusia Pasang Radar yang Bisa Lacak F-35 Secara Akurat di Iran, Amerika Waspada

Seto Ajinugroho - Rabu, 26 Agustus 2020 | 19:13
Rusia Pasang Radar yang Bisa Lacak F-35 Secara Akurat di Iran, Amerika Waspada
Sputniknews

Rusia Pasang Radar yang Bisa Lacak F-35 Secara Akurat di Iran, Amerika Waspada

Sosok.ID - Timur Tengah tepatnya di Suriah sedang dalam rundungan percobaan senjata-senjata mematikan milik berbagai negara.

Rusia, Amerika Serikat (AS), Iran hingga China mencoba senjata produksinya di sana.

Yang mampus tentu rakyat Suriah, tak tahu menahu tiba-tiba dibombardir militer negara lain.

Radar buatan Rusia bertajuk Rezonans-NE yang Iran beli diklaim bisa mengidentifikasi dan melacak pesawat siluman serta target hipersonik.

Baca Juga: Raffi Ahmad yang Iseng Pancing Perkara, Nagita Slavina Langsung Kicep Saat Jadi Sasaran Mulut Nyinyir Bu Tejo

Buktinya, Rezonans-NE berhasil mengidentifikasi dan melacak jet tempur siluman F-35 milik Amerika Serikat (AS) di dekat perbatasan Iran pada awal tahun ini.

"Awal 2020 lalu, radar ini mengidentifikasi pesawat F-35 AS dan melacaknya," kata Deputy CEO of Research Center Rezonans Alexander Stuchilin kepada TASS, Senin (24/8).

Kejadiannya, Stuchilin mengatakan, saat ketegangan Iran-AS setelah kematian Jenderal Qasem Soleimani. Dia menyebut "peristiwa terkenal di awal tahun ini".

"Personel radar mentransmisikan informasi, termasuk rute penerbangan F-35, dengan jelas, sehingga mengonfirmasi bahwa radar melacak pesawat dengan andal," ujarnya.

Baca Juga: Cinta Bersemi di Tengah Pandemi, 7 Siswa SMA dan SMP di NTB Pilih Naik Pelaminan Lantaran Kelamaan Tak Masuk Sekolah

"Untuk alasan ini, lawan tidak melakukan tindakan yang tidak dapat diperbaiki yang mungkin menyebabkan perang besar," ungkap Stuchilin di sela-sela forum militer Army-2020 di Kubinka, Moskow.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest