Follow Us

Sanksi Embargo Senjata Ditolak Dewan Keamanan PBB, Iran Sebut Kekalahan Bagi Paman Sam

Seto Ajinugroho - Senin, 17 Agustus 2020 | 21:13
Sanksi Embargo Senjata Ditolak Dewan Keamanan PBB, Iran Sebut Kekalahan Bagi Paman Sam
Iran Press/Morteza Salehi

Sanksi Embargo Senjata Ditolak Dewan Keamanan PBB, Iran Sebut Kekalahan Bagi Paman Sam

Sosok.ID - Amerika Serikat (AS) memang sengaja memperpanjang sanksi embargo senjata ke Iran.

Hal ini membuat Iran kesulitan dalam memenuhi kesiapan militernya dalam menghadapi ancaman.

Namun Dewan Keamanan (DK) PBB menolak memperpanjang embargo senjata bagi Iran.

Presiden Iran mengatakan bahwa Amerika Serikat menderita kekalahan yang memalukan dengan penolakan DK PBB untuk memperpanjang embargo senjata di Teheran.

Baca Juga: Lepaskan Putrinya ke Pria yang Lebih Tua 31 Tahun, Ayah Puput Nastiti Devi Bongkar Tabiat Asli Ahok yang Kini Resmi Jadi Bos Pertamina

Dalam pemungutan suara Dewan Keamanan PBB pada hari Jumat tentang upaya AS untuk memperpanjang embargo senjata badan dunia terhadap Iran, Rusia dan China memberikan suara menentang.

Sementara 11 anggota abstain termasuk Prancis, Jerman dan Inggris. Amerika Serikat dan Republik Dominika adalah satu-satunya suara yang mendukung.

"Saya tidak ingat Amerika Serikat mempersiapkan resolusi selama berbulan-bulan untuk menyerang Republik Islam Iran, dan mereka hanya mendapatkan satu suara," kata Presiden Iran Hassan Rouhani dalam pidato yang disiarkan televisi.

"Tapi sukses besar adalah bahwa Amerika Serikat dikalahkan dalam konspirasi ini dengan penghinaan," ungkapnya.

Baca Juga: Undangan Nikah Nadya Mustika Tak Sampai Rumah, Wanita yang Ngaku Sebagai Ibu Istri Rizki DA Taruh Curiga pada sang Anak: Gengsi Ibunya Orang Tak Punya

Embargo senjata PBB terhadap Iran akan berakhir di bawah kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan kekuatan dunia, yang memberikan banyak sanksi internasional terhadap Iran yang dicabut dengan imbalan pembatasan program nuklir Iran.

Source : kontan

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest