Follow Us

Konflik Perbatasan India-China Memanas Lagi, India Kerahkan 35.000 Tentara di Perbatasan Himalaya, Siap-siap Perang?

Tatik Ariyani - Kamis, 13 Agustus 2020 | 13:35
ilustrasi konflik China dan India yang berebut Lembah Galwan
hindustantimes.com

ilustrasi konflik China dan India yang berebut Lembah Galwan

Sosok.ID - Beberapa waktu lalu, bentrokan antara pasukan India dan China di perbatasan menyebabkan korban tewas dari kedua pihak.

Bentrokan itu membuat hubungan kedua negara memanas, namun ada niatan dari kedua negara untuk meredamnya.

Terbukti beberapa waktu kemudian, China mulai menarik mundur pasukan dari perbatasan pada Senin (6/7/2020), menyusul perjanjian damai dengan India.

Namun, ternyata hal itu tidak bertahan lama.

Baca Juga: Skenario Terburuk, Tentara India Harus Bersiap Menjaga Perbatasan di Dinginnya Dataran Tinggi Himalaya Karena Musim Dingin di Depan Mata, Tapi Ahli Sebutkan Ada Harapan Perdamaian Bisa Diraih, Mengapa?

Sengketa wilayah antara India dan China tampaknya semakin memanas.

Sebagai bukti, India mengerahkan 35.000 tentara tambahan di sepanjang perbatasan Himalaya yang disengketakan dengan China.

Langkah ini dilakukan karena kemungkinan resolusi awal untuk meredakan ketegangan antara kedua tetangga menemui jalan buntu.

Melansir South China Morning Post, menurut pejabat senior India yang tak mau namanya disebut, tindakan tersebut akan mengubah status quo di sepanjang Garis Kontrol Aktual sepanjang 3.488 km yang diperebutkan dan memperpanjang anggaran militer negara yang sudah ketat.

Halaman selanjutnya...

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest