Curiga Ada 'Kekuatan Lain' yang Bikin Jet Tempur Kiriman Isreal Sulit Diperbaiki, Para Teknisi TNI AU Terpaksa Gunakan Kepala Kerbau, Seketika Berjalan Lancar

Deretan jet tempur A-4 TNI AU Ade Sulaeman
Deretan jet tempur A-4 TNI AU

Sosok.ID - Pada 1980-an para personel Komando Pemeliharaan Materiil TNI AU (Koharmatau) khususnya Depo Pemeliharaan (Depohar) 30 yang bermarkas di Malang, Jawa Timur menjalankan program untuk meningkatkan kemampuan teknologi (refurbhising) jet-jet tempur A-4 Skyhwak.

Puluhan jet tempur yang dikirim dari Israel secara rahasia dan aslinya merupakan produksi AS itu ketika tiba di Indonesia sejumlah komponennya ternyata sudah banyak dimodifikasi oleh Israel.

Akibat modifikasi yang dilakukan ada sejumlah komponen yang tidak tertera dalam buku panduan A-4 yang tebalnya ribuan halaman itu.

Ketika berupaya melakukan refurbishing itu para teknisi Depohar 30 harus memutar otak dan mengerahkan semua kemampuannya.

Baca Juga: Pakar Militer Sebut China dalam Kesiapsiagaan Perang Tingkat Tinggi di Semua Lini, Xi Jinping: Militer China Harus Jadi Pasukan Kelas Dunia

Suatu kali ada satu jet tempur A-4 yang sudah lama digarap tetapi tidak selesai-selesai juga.

Anehnya ketika dilakukan pemeriksaan kondisi A-4 yang sudah menjalani program refurbishing baik-baik saja.

Namun setelah akan dilakukan tes mesin di darat dalam kondisi statis (ground run) selalu timbul masalah teknis yang sering berulang.

Komandan Depohar 30 yang merasa gerah dengan perbaikan jet tempur A-4 yang tak kunjung kelar pun mulai curiga adanya "kekuatan lain" yang mempengaruhi kinerja para anak buahnya.

Halaman selanjutnya...

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR