Follow Us

Carrier Battle Group US Navy Seliweran di Pasifik, China Cuma Bisa Diam

Seto Ajinugroho - Sabtu, 18 Juli 2020 | 17:13
Carrier Battle Group US Navy Seliweran di Pasifik, China Cuma Bisa Diam
Digital

Carrier Battle Group US Navy Seliweran di Pasifik, China Cuma Bisa Diam

Sosok.ID - Memang benar adanya pada 2020 kedepan US Navy bakal menempatkan 60 persen kekuatan tempur utama mereka di Pasifik.

Biang keroknya tentu China yang mulai asal klaim sana-sini melebihi Malaysia.

Maka lautan Pasifik bisa jadi arena perang antar negara yang bisa memicu Perang Dunia III.

Untuk kedua kalinya dalam dua minggu, Amerika Serikat (AS) telah mengerahkan dua kapal induk ke Laut Cina Selatan.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Gisella Anastasia Cerita Pernah Izinkan Wanita Lain Tidur Bertiga dengan Gading Marten dan Dirinya, Kini Sesalkan Perbuatannya

Pengerahan dua kapal induk Angkatan Laut AS itu dilakukan ketika China dan AS saling menuduh saling yang memicu ketegangan di wilayah tersebut.

Kapal induk USS Nimitz dan USS Ronald Reagan melakukan operasi dan latihan militer di jalur air yang diperebutkan antara 4 Juli dan 6 Juli, dan kembali ke wilayah itu pada Jumat (17/7), menurut pernyataan Angkatan Laut AS.

“Nimitz dan Reagan beroperasi di Laut China Selatan, di mana pun hukum internasional mengizinkan, untuk memperkuat komitmen kami pada Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, sebuah peraturan berdasarkan aturan internasional, dan kepada sekutu dan mitra kami di kawasan ini,” demikian Laksamana Muda Jim Kirk, komandan kapal Nimitz dalam pernyataan yang dikutip Reuters.

Kirk mengatakan, kehadiran dua kapal induk itu tidak menanggapi peristiwa politik atau dunia.

Baca Juga: Sosok Artis Ini Merasa Tertipu dan Sakit Hati Gegara Hampir Tiap Malam Menginap di Apartemen Hana Hanifa, Ternyata Tak Sadar Kekasihnya Berkecimpung di Bisnis Prostitusi

Tetapi hubungan antara Washington dan Beijing saat ini tegang atas segalanya, mulai dari wabah virus corona, perdagangan hingga soal Hong Kong.

Source : kontan

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest