Follow Us

Karena Kekuatan TLDM Lapuk, 89 Kali PLA Navy China Serobot Kedaulatan Malaysia

Seto Ajinugroho - Rabu, 15 Juli 2020 | 17:13
Karena Kekuatan TLDM Lapuk, 89 Kali PLA Navy China Serobot Kedaulatan Malaysia
China Military

Karena Kekuatan TLDM Lapuk, 89 Kali PLA Navy China Serobot Kedaulatan Malaysia

Sosok.ID - Apa mau dikata, Malaysia jadi macan ompong sekarang.

Kisruh perpolitikan hingga mega korupsi di dalam negeri jadi biang kerok menurunnya kualitas angkatan bersenjata Malaysia.

Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) pun kena imbasnya.

Tak ada modernisasi bagi kapal perangnya sehingga mengakibatkan tumpulnya unsur pengamanan laut bagi Malaysia.

Baca Juga: Gagal Selfie Cantik, Nyawa Ibu 2 Anak Melayang Usai Terjatuh dari Tebing Setinggi 50 Meter Saat Hendak Berpose Ekstrim

Malaysia menyatakan, kapal-kapal Penjaga Pantai dan Angkatan Laut (AL) Tiongkok menyusup ke perairan Malaysia di Laut China Selatan yang disengketakan sebanyak 89 kali sepanjang 2016 hingga 2019.

Departemen Audit Nasional Malaysia dalam laporan yang rilis Selasa (14/7) mengungkapkan, kapal Penjaga Pantai dan AL China sering "menetap" di daerah itu bahkan setelah kapal AL Malaysia mengusirnya.

Laporan tersebut muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan China terkait klaim Beijing atas sebagian besar Laut China Selatan yang kaya sumber daya dan merupakan jalur perdagangan utama.

Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Malaysia, dan Taiwan memiliki klaim sendiri yang tumpang tindih di Laut China Selatan sebagian dengan China dan, dalam beberapa kasus, satu sama lain.

Baca Juga: Detik-detik Polisi Regang Nyawa Ditabrak Pengemudi Ugal-ugalan, Marah Tak Terima Ditegur, Sempat Ngajak Gelut dan Targetkan Istri Korban

Mengutip Reuters, Departemen Audit Nasional mengatakan, Malaysia telah mengirim enam protes diplomatik ke China atas pelanggaran kapal-kapal mereka di perairan negeri jiran.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest