Follow Us

Kisah Hidup Menteri Termiskin Republik Indonesia, Berjasa Bangun Gedung DPR RI Tapi Tak Kuat Bayar Tagihan Listrik Hingga Dicabut

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Selasa, 16 Juni 2020 | 08:13
Ir Sutami dan arsitek kenamaan Indonesia Frederich Silaban
Surya

Ir Sutami dan arsitek kenamaan Indonesia Frederich Silaban

Sosok.ID - Bagi mahasiswa yang kuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, nama Ir. Sutami mungkin terasa tidak asing.

Sebab, kampus utama UNS memang beralamat di Jalan Ir. Sutami, Kentingan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.

Namun, barangkali tidak semua mahasiswa UNS dan masyarakat Indonesia tidak banyak yang mengetahui sosok penting yang pernah menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Tenaga Listrik di era Presiden Soekarno hingga Presiden Soeharto.

Berikut adalah rekam jejak Ir. Sutami yang terkenal sebagai "menteri termiskin di Indonesia", dilansir dari Intisari.

Baca Juga: Ngakunya Cuma Teman, Pevita Pearce Ternyata Sampai Hafal Ultah Anak Ariel Noah, Pas Dititipi Salam Mantan Luna Maya Malah Sumringah!

Lahir di Surakarta

Sutami lahir di Surakarta 19 Oktober 1928. Dia bersekolah di SMA Negeri 1 Surakarta dan melanjutkan kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) sampai meraih gelar insinyur.

Sejak era Kabinet Dwikora tahun 1964, dirinya sudah diangkat menjadi Menteri Negara diperbantukan pada Menteri Koordinator Pekerjaan Umum dan Tenaga untuk urusan penilaian konstruksi oleh Presiden Soekarno.

Kariernya berlanjut dengan mengisi posisi yang sama pada Kabinet Dwikora II tahun 1966.

Selama menjabat sebagai seorang Menteri, Sutami adalah orang yang sangat sederhana dan memiliki kepercayaan dari Soekarno maupun Soeharto.

Baca Juga: Peternak Ayam Wajib Curiga, Wanita Ini Punya Indukan Super Gembul Umur Bangkotan Tak Kunjung Bertelur, Saat Disembelih Perutnya Berisi Harta Karun, Wah Auto Tajir!

Dia menjabat sebagai menteri selama 14 tahun sejak 1965 hingga 1978.

1 2 3 ... 5

Source : Kompas.com

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest