Follow Us

Lintah Darat Dunia Hisap Lebanon, Indonesia Juga Pernah Kena

Seto Ajinugroho - Jumat, 12 Juni 2020 | 16:42
Lintah Darat Dunia Sedot Lebanon, Indonesia Juga Pernah Kena
https://aijac.org.au/

Lintah Darat Dunia Sedot Lebanon, Indonesia Juga Pernah Kena

Sosok.ID - Anak 90-an pastilah tahu apa itu Dana Moneter Internasional (IMF).

Kasarannya IMF ialah lintah darat dunia.

Pada 1998 IMF memberikan pinjaman dana untuk mengatasi krisis moneter Indonesia.

Namun dana yang cair tidak sesuai dalam perjanjian, dimana hanya sebagian saja yang menyebabkan lambatnya proses pemulihan ekonomi bangsa ini pada saat itu.

Baca Juga: Ketiban Durian Runtuh, Gegara Bosan Kerjanya Begitu-begitu Saja, Pria Ini Justru Dapat Uang Rp 803 Juta, Begini Kisahnya!

Kini usai utang dan bunga Indonesia di IMF lunas, giliran Lebanon yang bakalan dicaplok.

Warga Lebanon memblokir jalan dengan membakar ban dan tong sampah di Beirut dan kota-kota lain pada hari Kamis (11/6/2020).

Ini merupakan aksi protes baru yang dipicu oleh penurunan dalam mata uang pound dan meningkatnya kesulitan ekonomi.

Reuters memberitakan, nilai tukar pound merosot ke sekitar level 5.000 terhadap dollar AS pada hari Kamis dan telah kehilangan 70% nilainya sejak Oktober.

Baca Juga: Baru 8 Hari Lahir ke Dunia, Bayi Ini Jadi Sasaran Amuk sang Ibu yang Cintanya Digadai Pacar ke Orang Lain, Videonya Viral di WA Sampai Dicari Polisi

Kondisi ini terjadi ketika Lebanon terjungkal ke dalam krisis keuangan yang dipandang sebagai ancaman terbesar bagi stabilitas sejak perang saudara 1975-90.

Dari kota Tripoli di utara hingga ke kota Sidon di selatan, warga Lebanon meneriakkan kata-kata melawan elite politik dan membakar ban di jalan-jalan utama di seluruh negeri dalam kerusuhan paling luas sejak penguncian virus corona yang diberlakukan pada pertengahan Maret.

Source : kontan

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest